Pantai Karang Tawulan, Pantai Indah di Tasikmalaya Sebelum Pangandaran

  Jumat, 02 Juli 2021   Handy Dannu Wijaya
Pemandangan Pantai Karang Tawulan, Kabupaten Tasikmalaya

TASIK, AYOTASIK.COM – Rupanya Kabupaten Tasikmalaya punya sejumlah pantai yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Karang Tawulan, pantai pesinggahan favorit sebelum tiba di Pangandaran.

Pantai Karangtawulan memiliki daya tarik yang berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Dikenal dengan hembusan anginnya yang kencang, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Tapi jangan khawatir, kamu bisa berjalan menyusuri pantai ditemani angin yang berbisik sembari memandang lanskap laut biru yang super cantik.

Di sini juga ada pulau kecil yang disebut dengan Nusa Manuk. Di dalamnya hidup beragam jenis burung. Dan pengunjung bisa melihat air laut yang surut sampai meninggalkan batu karang yang luas.

Pantai ini juga sering dijadikan lokasi gelaran tahunan serupa festival layang-layang dan balap munding (kerbau). Bagi anda yang menyukai hunting foto dengan drone, tidak disarankan karena hembusan anginnya cukup kencang. Dikhawatirkan drone yang anda gunakan tidak stabil dan terbang tanpa terkendali.

AYO BACA : Serunya Berinteraksi Dengan Primata Jinak di Wisata Taman Monyet di Purwakarta

Namun sayang, meski pantai ini cantiknya bukan main, pengelolaan oleh pemerintah tampaknya belum begitu optimal. Hingga penataannya pun terbilang masih semrawut. Banyak sampah berserakan hingga gulma yang mengganggu tanaman lainnya. Jika anda merasa lapar dan dahaga, tidak perlu khawatir karena cukup banyak penjual makanan disini. Mulai dari kelapa bakar hingga warung makan. Namun yang harus diperhatikan jika anda singga di pantai ini adalah perhatikan bahan bakar yang tersedia pada kendaraan anda. Karena jauh dari tempat pengisian bahan bakar, kalaupun ada eceran harganya cukup mahal.

Pantai Karang Tawulan ini berada di Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Jaraknya hanya sekira 90 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya.

Meski jaraknya terbilang jauh, tapi kamu tidak akan bosan selama dalam perjalanan. Sebab, kamu bisa melihat hamparan perkebunan yang indah, berikut lanskap pesisir pantai selatan yang bakal melambaikan tangannya di sisi kanan jalan.

Untuk menuju lokasi pantai Karang Tawulan, kamu bisa ambil jalan dari Kota Tasikmalaya menuju Karangnunggal yang kemudian dilanjutkan ke Cipatujah. Mulai dari sini, kamu bakal menjelajah pesisir pantai selatan. Dari Pantai Cipatujah, Sindangkerta, Pamayang, hingga akhirnya sampai di Pantai Karang Tawulan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar