Yamaha Aerox

Sejumlah Lampu Rambu Suar Pantai Selatan Rusak Diterjang Ombak

  Kamis, 26 Juli 2018   Hengky Sulaksono
Menara suar di Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/ayotasik)

CIPATUJAH, AYOTASIK.COM—Sejumlah lampu rambu suar di sepanjang pesisir pantai selatan dilaporkan mengalami kerusakan akibat terjangan ombak besar dan angin kencang yang melanda sejak awal pekan ini. Kerusakan tersebut membuat lampu suar yang menjadi penanda daratan bagi nelayan padam.

Pengawas Sarana dan Prasarana Kenavigasian Distrik Navigasi Kelas III Cilacap, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Mamun mengatakan, sejak gelombang tinggi menerjang awal pekan lalu, Distrik Navigasi Cilacap yang mengawasi perairan Pacitan hingga Sukabumi telah memperbaiki sedikitnya lima menara suar.

"Kemarin kami memperbaiki di Yogya, sekarang di Pamayangsari (Cipatujah) ada dua. Sekarang kami mau menuju Pamengpeuk dan Sindangkerta. Semua lampunya mati," kata Mamun kepada wartawan saat dijumpai di rambu suar Pamayangsari, Kacamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (26/7/2018) siang.

Mamun menuturkan, lampu-lampu suar padam lantaran mengalami korsleting akibat terkena percikan air yang memantul dari batu karang. Kerusakan tersebut segera diperbaiki setelah petugas menerima laporan yang berasal dari nelayan dan warga setempat.

"Biasanya kami melakukan pengecekan, perawatan reguler sekitar enam bulan sekali. Jumlah menara suar yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa ini ada sekitar 28. Kalau ada laporan kerusakan kami langsung menuju lokasi secepatnya, kami perbaiki sesuai laporan," kata Mamun.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar