Yamaha

Pemkab Tasik Wacanakan Penambahan Suntikan Dana Desa

  Selasa, 25 September 2018   Hengky Sulaksono
Dana Desa. (Ilustrasi)
AYO BACA : Sebanyak 351 Kepala Desa Kabupaten Tasik Bahas Perkara Kebencanaan

AYO BACA : Dana Desa Kabupaten Tasik Diklaim Turunkan Tingkat Kemiskinan

SUKARATU, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mewacanakan bakal menambahkan alokasi dana desa sebanyak Rp150 juta pada tahun 2018. Penambahan dilakukan untuk mendukung program-program pembangunan di desa-desa.
 
"Kami punya rencana untuk menambhakan alokasi dana desa, insyaallah dan mudah-mudahan ini mendapat apresiasi dari DPRD. Sekitar Rp150 juta per desa di tahun 2019," kata Pelaksana Tugas Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto kepada wartawan, Selasa (25/9/2018) siang.
 
Dia mengutarakan berbagai alasan yang melatar belakangi niatan penambahan dana desa tersebut. Salah satunya, imbuh Ade, untuk mengurangi gemuknya anggaran pembiayaan di tingkat kabupaten yang berpotensi pada inefisiensi penggumaan anggaran belanja.
 
Dengan kucuran dana itu, Ade juga menyebut masyarakat bisa membangun desa masing-masing secara bersama-sama. Jika pekerjaan dilakuan secara gotong-royong maka, imbuh Ade, kebermanfaatan pembangunan bakal terasa lebih besar untuk masyarakat.
 
"Apabila masyarakat betul-betul cinta membangun, bagaimana melakukan pembangunan yang partisipatif dalam bentuk yang nyata dalam bentuk yang nyata, mka insyallah rasa memiliki atas pembangunan tersebut semakin tinggi," katanya.
 
Tambahan dana desa yang diwacanakn bisa dilakukan untuk membiayai berbagai macam program pembangunan. Syaratnya, pembangunan harus dilakukan atas dasar swakelola tanpa melibatakan peran pihak ketiga alias pemborong.
 
"Uang ketika kita bagikan ke desa dimanfaatkan oleh desa dengan kebutuhan desa masing-masing. Jangan membangun ke pemborong. Harus dilakukan dengan cara swakelola. Itu upaya kita memberikan manfaat," ujar Ade.
 
Lantaran banyaknya manfaat yang dinilai Ade bakal dirasakan masyarakat, ia meminta agar anggota DPRD Kabupaten Tasik menyetujui usulan tersebut. "Yang terhormat anggota DPRD tolong dibantu besok agar Rp150 juta yang saya rencanakan ke desa disetujui DPRD," kata dia.

AYO BACA : Daerah Miskin Pesisir Selatan Kabupaten Tasik Dapat Bantuan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar