Yamaha

Pendidikan Diharapkan Mencetak Generasi Bermoral

  Selasa, 15 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Loka karya Implementasi Nilai Nilai Aswaja Annahdliyah Pada Kurikulum 2013, di Gedung PCNU Kabupaten Tasikmalaya Jalan Raya Timur Singaparna, Selasa (15/1/2019). (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Kabupaten Tasikmalaya, menggelar loka karya dengan tema Implementasi Nilai Nilai Aswaja Annahdliyah Pada Kurikulum 2013, di Gedung PCNU Kabupaten Tasikmalaya Jalan Raya Timur Singaparna, Selasa (15/1/2019).

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Loka Korya Nunu Nurul Yakin mengatakan, perlunya penerapan nilai nilai Aswaja Annahdliyyah pada kurikukum 2013. Hal itu agar generasi muda sejak dini memahami tentang Aswaja ke-NU-an yang menjadi cita cita the founding father NU.

AYO BACA : Ketua PCNU Kab Tasik Islamkan Anak Penganut Buddha

"Tugas guru itu mengajar, mendidik, mengarahkan dan membimbing serta menilai. Maka guru harus memiliki kemampuan dan menguasai pemahaman Aswaja ke-NU-an. Dengan loka karya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap guru untuk memahami nilai nilai Aswaja Nahdliyah dikaitkan dengan pelaksanaan kurikulum, 2013," kata Nunu.

Sementara itu, Ketua LP Ma'arif PC NU Kabupaten Tasikmalaya Yahya Kamal, menyebutkan, LP Ma'arif merupakan departemen NU yang berfungsi melaksanakan kebijakan kebijakan pendidikan, baik di PB, PW hingga PC maupun MWC NU.

AYO BACA : Menpora Mencoba Lapangan Sakti Lodaya

Secara institiusional kata dia, LP Ma'arif NU mempunyai kewajiban mendirikan satuan satuan pendidikan baik satuan pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Dan persoalan di Kabupaten Tasikmalaya ini adalah, sejak dulu hingga saat ini belum memiliki  satupun lembaga pendidikan yang didirikan LP Ma'arif.

"Maka mudah mudahan melalui loka karya ini, memotivasi semua pihak termasuk pemerintah untuk membangun satuan pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya yang mampu mengokohkan nilai nilai Aswaja Ke-NU-an dalam ruang pendidikan yang universal," papar Yahya.

Ditemui ditempat sama, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto yang membuka loka karya tersebut mengatakan, loka karya ini tidak saja berbicara soal quantitas atau lembaga lembaga pendidikan. Tetapi lebih kepada isi dimana Aswaja Annahdliyah adalah keseimbangan antara nakli dan akli serta paling akomodatif dalam berbagai perubahan dan perkembangan zaman.

"Kecenderungan pendidikan hari ini adalah bagaimana mencetak anak menjadi pinter tetapi hampir tidak memiliki etika, adab, sopan santun tatak rama dan ahlak mulia serta kehilangan rasa untuk mencintai bangsanya sendiri. Itulah kekhawatiran kita hari ini dan harapan ke depan adalah kembalinya nilai nilai ahlussunnah wal jamaah dalam ruh pendidikan di nusantara," pungkas Ade.

AYO BACA : Pemkot Tasik Akan Cetak KIA

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar