Yamaha

Potensi Zakat ASN Tasik Rp 1,2 Miliar Tiap Bulan

  Jumat, 18 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor Baznas Kabupaten Tasikmlaya. (Irpan Wahab Muslim/Ayotastik.com)

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya terus mengoptimalkan perolehan zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Tasikmalaya. Karena, ASN di Kabupaten Tasikmalaya berpotensi menghasilkan zakat sebesar Rp 1,2 miliar per bulan. Angka ini diambil jika rata-rata tiap ASN mengeluarkan zakat profesi sebesar 2,5%.

Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya KH. Acep Tohir Fuad menuturkan, saat ini pihaknya baru bisa mengantongi zakat profesi dari ASN sebanyak Rp80 juta per bulan. Itu diambil dari zakat profesi ASN yang bekerja dibawa naungan Kementerian Agama.

AYO BACA : Penerapan Zakat Profesi PNS Kota Tasik Perlu Waktu

“Kalau saja tiap ASN sadar akan kewajiban mengeluarkan zakat profesi, angka yang dihasilkan cukup lumayan besar. Karena potensinya berdasarkan hitungan kasar kita mencapai Rp1,2 miliar,” kata KH. Acep Tohir, Jumat (18/1/2019).

Kedepan, lanjut KH. Acep, pihaknya berharap ASN dilingkungan Pemkab Tasikmalaya sadar akan kewajiban membayar zakat profesi. Terlebih dengan sudah terbitnya intruksi Bupati Tasikmalaya Nomor 188.55/502/kesra/2017  tentang Peningkatan Kesadaran Kewajiban Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Tasikmalaya.

AYO BACA : Potensi Zakat PNS Kota Tasik Rp300 Juta setiap Bulan

“Kita terus mengoptimalkan berbagai upaya, apalagi ini didorong oleh kebijakan pemerintah daerah melalui intruksi Bupati Tasikmalaya,” kata KH. Acep Tohir.

Sementara itu, salah satu ASN di Kabupaten Tasikmalaya Nana Nasihin menuturkan, instruksi Bupati tersebut hanya sebagai penguat dan pengingat kepada ASN untuk menunaikan zakat profesi. Karena membayar zakat hukumnya wajib dalam ketentuan agama Islam.

“Alhamdulillah tiap bulan selalu menyisihkan untuk zakat. Instruksi Bupati hanya sebagai mengingat saja, tetapi kesadaran membayar zakat itu datang dari diri sendri,” pungkas Nana.

AYO BACA : Penghasilan PNS Kota Tasik Dipotong 2,5% untuk Zakat Profesi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar