Yamaha

Pensiunan Kadisdik Buka Toko Perlengkapan Sekolah Gratis

  Kamis, 24 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Toko Perlengkapan Sekolah Gratis. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), Yayan Tahyan warga Kudang Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya membuka toko perlengkapan sekolah dasar. Namun, berbeda dengan toko perlengkapan lainnya, Toko yang diberi nama Bale Asih ini memberikan perlengkapan sekolah secara cuma-cuma.

Yayan Tahyan menutukan niat awal membuka toko bale asih tidak lain untuk mensukseskan program pemerintah dalam dunia pendidikan. Terlebih, Yayan merupakan pensiunan ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Dinas tahun 2004-2006.

"Niatan lain, kami ini berangkat dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Kami itu dulu kesulitan membeli perlengkapan sekolah, dan biasa itu warisan dari kakak-kakak. Nah kondisi itu tidak ingin dirasakan oleh generasi sekarang," kata Yayan Ditemui dirumahnya, Kamis (24/1/2019) sore.

AYO BACA : Ribuan Siswa Kota Tasik Dapat Bantuan Perlengkapan Sekolah

Toko bale asih menyediakan perlengkapan sekolah mulai dari seragam sekolah, sepatu, tas hingga buku. Demi mewujudkan keinginan itu, Yayan mengorbankan garasi mobil miliknya untuk dijadikan toko.

"Ini mulai berjalan tahun 2013 lalu, awalnya ya dengan modal sendiri. Sekarang alhamdulilah ada donatur yang membantu. Niatnya tidak lain ingin membantu anak sekolah yang kurang mampu secara ekonomi dan anak yatim," ungkap Yayan.

Bukan hanya masyarakat sekitar rumah, masyarakat dari luar Kecamatan seperti Kecamatan Bojonggambir, Cigalontang, Salawu hingga Kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya datang untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Cukup dengan memberikan data nama orang tua dan alamat lengkap, perlengkapan sekolah bisa dibawa pulang dengan cuma-cuma alias gratis.

AYO BACA : Kabupaten Tasik Butuh PNS Bidang Pendidikan dan Kesehatan

"Tidak ada syarat khusus, yang penting jujur itu saja. Silahkan pakaian, sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya dibawa pulang. Kami dikeluarga tidak berfikir untung rugi, karena dari awal kami niatkan ingin berbagi," tambah bapak dua anak ini.

Selain menyediakan perlengkapan sekolah, di toko bale asih ini juga disediakan perpustakaan. Berbagai macam buku disediakan sesuai jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

"Ini sebagian hanya buku koleksi, sebagian lagi ada bantuan dari donatur. Alhamdulilah setiap hari selalu ada kunjungan dari siswa dan masyarakat," papar Yayan.

Yayan berharap, dengan adanya toko bale asih ini, bisa sedikit meringankan beban keluarga yang secara ekonomi tidak mampu. Terutama dalam memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah.

AYO BACA : Potensi Zakat ASN Tasik Rp 1,2 Miliar Tiap Bulan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar