Yamaha Mio S

12 Warga Kabupaten Tasik Terjangkit DBD

  Selasa, 29 Januari 2019   Irpan Wahab Muslim
Nyamuk Aedes Aegypti. (pixabay).

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Sebanyak 12 orang warga Kabupaten Tasikmalaya terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Januari 2019 ini.  Jumlah itu tersebar di beberapa Kecamatan, yakni Cikalong, Cipatujah, Singaparna, Ciawi, Cineam, Pagerageung, Sukarame dan Cisayong.

Kepala Bidang (Kabid) P2P Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, Atang menjelaskan seluruh pasien DBD itu dirawat di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) Singaparna Medika Citrautama. 

"Laporan yang kami terima, sebanyak 12 warga terjangkit DBD. Mudah-mudahan ini tidak terus menyebar," kata Atang, Selasa (29/1/2019).

Sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan (Yankes) RS SMC, dr. Adi Widodo menjelaskan selama Januari 2019, pihaknya merawat sedikitnya  23 orang suspect DBD di rawat di RS SMC. 

“Dari awal Januari sampai tanggal 29 Januari belum bertambah lagi. Namun di setiap bulan ada trend peningkatan yang suspect DBD di RS SMC,” terang Adi.

Untuk mengatisipasi meluasnya panyakit DBD ini, salah seorang dokter di RS SMC, dr. Iman Firmansyah mengingatkan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, melakukan upaya pencegahan dengan melakukan langkah langkah yakni membuang sampah pada tempatnya, hindari genangan air dan lakukan pembersihan lingkungan.

"Asupan makanan yang bergizi, buah buahan yang menyehatkan dan tidak lupa menjaga kebersihan lingkungan," pungkas Iman.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar