Yamaha

Polisi Pantau Penyaluran BPNT di Kabupaten Tasikmalaya

  Rabu, 13 Februari 2019   Irpan Wahab Muslim
Polisi Sukaraja meninjau penyaluran program BPNT di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, pada Rabu (13/2/2019). (Irpan Wahab Muslim/ayotasik.com)

SUKARAJA, AYOTASIK.COM --  Petugas kepolisian Polsek Sukaraja melakukan peninjauan ke gudang beras di beberapa desa di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, pada Rabu (13/2/2019). Kegiatan ini dilakukan untuk menindak lanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan antara Kementerian Sosial RI dengan Kepolisian Negara RI nomor 1 tahun 2019, tentang pengamanan penyaluran bantuan sosial, salah satunya penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
Peninjauan dilakukan secara maraton setiap hari guna memastikan penyaluran program BPNT berjalan dengan baik. Polisi juga akan memastikan ketersediaan stok beras dan telur dan menjamin kualitas barang yang  akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui elektronik warga gotong royong (e-warong). 

"Kita pastikan dalam program BPNT ini sesuai prosedur atau petunjuk teknis, sehingga masyarakat betul-betul diuntungkan dengan program tersebut dan tidak ada satu pihak pun yang mengambil kesempatan dari BPNT ini untuk meraup keuntungan sepihak," kata Kapolsek Sukaraja, AKP Sutopo Kresno.

Dari peninjauan yang dilakukan di Desa Sukapura dan Tarunajaya, secara umum barang-barang yang akan didistribusikan ke KPM dalam kondisi layak. Namun di Desa Sukapura, petugas menemukan sebagian kecil beras yang kurang memenuhi standar kualitas.

Setelah ditindak lanjuti, beras tersebut ditarik oleh pemasok dan diganti dengan yang lebih baik. "Untuk di wilayah Sukaraja dengan jumlah 8 desa, sejauh ini tidak ada permasalahan prinsip atau kendala dalam penyaluran BPNT. Semua pihak patuh dan tunduk pada aturan yang telah ditetapkan," kata dia.

Polisi Sukaraja akan terus melakukan pemantauan secara berkesinambungan, termasuk menjalin koordinasi dengan semua pihak demi kelancaran dan kondusifitas pelaksanaan BPNT di Sukaraja. Peninjauan kemudian akan dilaporkan setiap harinya ke Polres Tasikmalaya.

"Jangan sampai ada pihak yang bermain dan memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi," tambahnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar