Yamaha Aerox

Hidupkan Permainan Tradisional Melalui Olimpaido

  Senin, 25 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Menghidupkan kembali permainan tradisional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya menggelar Olimpaido permainan tradisional di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, di jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Senin (25/3/2019). (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM—Menghidupkan kembali permainan tradisional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya menggelar Olimpaido permainan tradisional di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, di jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Senin (25/3/2019).

Dalam olimpaido ini, dilombakan beberapa permainan tradisional antara lain jajangkungan, kelom batok, perepet jengkol, gasing, sorodot gaplok, rorodaan, balon sarung, bedil jepret, dan nyumpit. Olimpaido permainan tradisional ini sudah menjadi Agenda rutin tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setiap memperihati Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

"Ini dari tahun 2009 dimana waktu itu Bidang Kebudayaan masih berada di bawah Pariwisata. Kita gelar tiap tahun meskipun sekarang kebudayaan berada di bawah Dinas Pendidikan," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pandidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dindin Saepudin, Senin (25/3/2019).

Ditambahkan Didin, digelarnya Olimpaido untuk memperkenalkan permaninan tradisional kepada anak didik atau siswa. Selain itu, untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada permainan tradisional.

"Seiring perkembangan zaman, permainan tradisional ini sudah mulai ditinggalkan. Kita berupaya mengenalkan kembali agar generasi muda tahu permainan tradisional. Karena penuh dengan pelajaran didalamnya, " tambah Didin.

Dalam Olimpaido tahun ini, Kontingen dari Kecamatan Jatiwaras keluar menjadi juara pertama, sementara juara kedua diraih oleh Kecamatan Bantarkalong dan Ketiga Culamega.

"Mereka akan mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan. Diharapkan dengan olimpaido ini menumbuhkan minat generasi muda memainkan permainan tradisional di lingkungan bermain mereka," pungkas Dindin.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar