Yamaha

Bubur Ayam Balad Persib, Kecintaan Terhadap Maung Bandung

  Selasa, 02 April 2019   Irpan Wahab Muslim
Bubur ayam milik dedengkot Viking Galunggung Abah Yana.

SINGAPARNA,AYOTASIK - Jika anda mengaku sebagai bobotoh dan pendukung Persib Bandung wajib mengunjungi bubur ayam Balad Persib di pasar Kudang Kecamatan Singaparna. Bubur ayam milik dedengkot Viking Galunggung Abah Yana ini buka dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. 

Sekilas, bubur ayam Balad Persib tidak berbeda dengan bubur ayam lainnya. Namun yang berbeda, abah yana yang bernama asli Yana Supriatna (70) berjualan dengan menggunakan atribut Persib Bandung mulai dari pakaian hingga topi.

Jangan heran, jika saat Anda mencicipi bubur ayam Balad Persib, Abah Yana sering mengajak berbincang soal persib Bandung. Bahkan, abah Yana yang dibantu Istrinya Yayah (60) membeberkan sejarah Persib club sepakbola kebanggaan warga Jawa Barat itu.

"Abah mah setiap ada pelanggan pasti biacara soal Persib, karena warga Jawa Barat pasti cinta sama Persib," papar Abah Yana, Selasa (2/4/2019).

Abah Yana sengaja memberi nama bubur ayam miliknya dengan sebutan Balad Persib karena kecintaan terhadap persib. Bahkan, abah Yana tercatat sebagai pembina di viking Galunggung, wadah pecinta Persib di Tasikmalaya.

"Abah itu asli Bandung, dulu pertama nonton persib tahun 1964. Waktu jaman Umar, Wowo. Kalau sekarang paling nontonnya di rumah karena sudah tua, " kata abah Yana sambil tersenyum.

Bentuk kecintaan lain terhadap Persib Bandung ditumpahkan dengan menggratiskan bubur ayam untuk 20 pembeli pertama setiap Persib Bandung memenangkan pertandingan. Selain itu, abah yana juga sering menggelar nonton bareng di rumahnya di Kampung Cisaro Desa Cipakat Kecamatan Singaparna.

"Ya itu mah bentuk Syukuran aja kalau persib menang. Kecintaan saya pada Persib mah udah tidak bisa dinilai. Persib mah sudah mendarah daging," papar Abah Yana.

Sementara itu, Muhammad Asep (28) warga Badak paeh Desa Cipakat mengatakan, salut dengan loyalitas Abah Yana terhadap Persib Bandung. Ia yang setiap minggu mampir di lapak bubur ayam Abah yana sering bercerita tentang Persib.

"Suka ngobrol juga tentang kondisi Persib, si Abah itu suka gegeretan kalau persib mainnya jelek. Suka marah marah kalau lagi nobar persib kalah," papar Asep.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar