Yamaha Aerox

KPK Geledah Kantor Wali Kota Tasikmalaya Diduga Terkait Suap DAK

  Rabu, 24 April 2019   Irpan Wahab
Penggeledahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya terjadi di ruang kerja Wali Kota Tasikmalaya, tapi juga di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo.

TASIK, AYOTASIK.COM--Penggeledahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya terjadi di ruang kerja Wali Kota Tasikmalaya, tapi juga di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo. 

Berdasarkan informasi, KPK yang beranggotakan sekitar 15 orang dengan menumpangi 4 kendaraan melakukan penggeledahan di tiga titik. Yakni di ruang kerja Wali Kota Tasikmalaya, Dinas PUPR, dan RSUD Dr. Soekardjo.

Bahkan, dalam penggeledahan di RSUD dr. Soekardjo, ruangan direktur utama digeledah petugas KPK dan disegel. Hal itu pun dibenarkan Direktur Utama RSUD, dr. Wasisto.

"Iya benar saya tadi dapatkan informasi bahwa ruangan saya disegel KPK. Tadi kebetulan saya lagi ada acara di luar, waktu dapat informasi langsung ke rumah sakit," papar Wasisto yang ditemui di Balekota Tasikmalaya, Rabu (24/4/2019).

Penggeledahan yang dilakukan KPK diduga terkait suap dana alokasi khusus (DAK) yang melibatkan Yaya Purnomo (divonis 6 tahun 6 bulan penjara) selaku Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Permukiman pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal itu diakui Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Cecep Kholis. Cecep mengatakan, penggeledahan dilakukan berkaitan dugaan suap DAK. Dia mengaku datang ke balekota sebagai terperiksa. 

"Benar, ini berkaitan dengan suap DAK," kata Cecep singkat.

Penggeledahan KPK terkait kepengurusan DAK dan DID Kota Tasikmalaya dari APBN 2018 serta usulan DAK dari APBN Perubahan 2018 dan APBN 2019. Untuk kepentingan pengurusan tersebut, Yaya terbukti menerima Rp700 juta dari Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman sebesar Rp700 juta.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar