Yamaha Aerox

Gebu, Jadi Tempat Ngabuburit Warga Singaparna

  Selasa, 07 Mei 2019   Irpan Wahab Muslim
Salah satu tempat yang sering dijadikan ajang ngabuburit yakni komplek perkantoran Setda Kabupaten Tasikmalaya dijalan Bojongkoneng Kecamatan Singaparna. (Irpan Wahab/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK. COM -- Banyak cara dilakukan warga menunggu waktu adan magrib tiba. Salah satunya dengan ngabuburit ditempat keramaian. Ngabuburit juga dijadikan ajang mencari makanan atau minuman buka puasa. 

Salah satu tempat yang sering dijadikan ajang ngabuburit yakni komplek perkantoran Setda Kabupaten Tasikmalaya dijalan Bojongkoneng Kecamatan Singaparna. Tempat ini, lazim disebut Gebu (Gedung Bupati) oleh warga Kabupaten Tasikmalaya. 

Di sepanjang jalan Gebu mudah ditemukan penjual makanan untuk berbuka puasa. Seperti kolak, bubur kacang, Cilok dan makanan ringan lainnya. Tidak hanya itu, pedagang minuman juga turut meramaikan suasana, di antaranya pedagang kelapa muda, es campur dan minuman dingin lainnya. 

Salah satu warga,  Miftahudin (40) warga Desa Sukamulya Kecamatan Singaparna misalnya, ia sengaja ngabuburit ke Gebu untuk mencari menu takjil atau berbuka puasa. Selain mencari untuk takjil, bapak dua anak itu juga menjadikan gebu sebagai tempat "ngasuh" anak. 

"Ini sekalian ngasuh anak, karena ada permainan anak juga. Tapi utamanya itu cari makanan untuk takjil. Karena banyak pilihan makanan dan menu,  " papar Miftahudin kepada Ayotasik. Com Selasa (7/5/2019).

Ditambahkan Miftahudin, setiap kali bulan Ramadan. Gebu sering menjadi tempat pavorit warga menunggu azan magrib. Terlebih saat ini, kawasan gebu sudah sedikit terta rapi.

"Kalau di wilayah sini mungkin hanya Gebu yang menjadi pavorit ngabuburit. Karena mau ke Kota Tasik lumayan cukup jauh," kata Miftahudin. 

Hal yang sama dikatakan Lukman (35) warga Desa Cipakat Kecamatan Singaparna. Ia membawa anaknya Risma (6) yang belajar berpuasa. Lukman sengaja membawa anaknya itu untuk ngabuburit dan mencari makanan untuk berbuka puasa. 

"Anak lagi belajar puasa, jadi saya sengaja bawa kesini biar ga rewel. Biasanya kan kalau anak kecil suka rewel, nunggu adan magrib. Kalau dibawa kesini jadi anteng karena banyak permainan,  " pungkas Lukman.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar