Yamaha Aerox

Produksi Busana Muslim Tasik Ikuti Tren, Pemesan dari Kota Besar

  Senin, 13 Mei 2019   Irpan Wahab Muslim
Pengrajin busana muslim di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. (Irpan Wahab/ayotasik)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Tasikmalaya, merupakan salah satu wilayah penghasil busana muslim. Hampir di setiap Kecamatan di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, ada rumah produksi busana muslim. Namun Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya menjadi sentra produksi busana muslim.

Bulan Ramadan terlebih saat mendekati hari raya Idul Fitri, produsen Busana muslim kebanjiran order. Orderan bahkan meningkat hingga 100 persen. Kebanyakan, orderan datang dari wilayah Kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan lainnya. 

Seperti yang diutarakan Ridwan Alamsyah. Salah satu produsen Busana muslim warga Kelurahan Tanjung Kecamatan Kawalu. Saat ini, ia terus berupaya memenuhi kebutuhan orderan sekitar 500 potong busana muslim dalam satu minggu. 

"Alhamdulialh kita sedang dibanjiri order, biasa kalau menjelang Lebaran orderan sudah banyak. Bahkan dari sebelum Ramadan. Sekarang kami sudah tidak menerima order baru," papar Ridwan, Senin (13/5/2019).

Dalam mengerjakan order busana muslim, lanjut Ridwan, pihaknya juga mengikuti apa yang diminta oleh pemesan. Saat ini, pemesan kebanyakan meminta model pakaiaan busana muslim model sya'i yang kerap dipakai oleh artis Shiren Sungkar. 

"Jadi mereka mengirim contoh atau desainnya, kita yang mengerjakan. Kalau sekarang itu kabanyakan model artis Shiren sungkar yang sar'i itu. Tapi mereka meminta kita menambah dengan bordiran jadi lebih elegan," papar Ridwan. 

Selain busana muslim, Ridwan Alamsyah juga membuat mukena. Saat ini, model mukena yang banyak dipesan yakni model mukena Syahrini. Dimana dalam modelnya diperbanyak bordiran khas Tasikmalaya.

"Kita juga membuat mukena model Syahrini. Karena itu yang saat ini lagi trend yang lagi ramai," papar Ridwan. 

Ridwan mengatakan, sebagai produsen busana muslim pihaknya dituntut msngikuti setiap perkembamgan dunia fasion. Termasuk model yang saat ini lagi ramai diburu oleh para konsumen. Jika memproduksi tidak sesuai dengan trend yang ada, produk yang dihasilkan sulit laku di pasaran.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar