Yamaha Aerox

Tol Cigatas, Antara Harapan dan Kegelisahan

  Senin, 10 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Keberadaan warung-warung di Jalur Lingkar Gentong terancam dengan rencana pembagunan Tol Cigatas. (Irpan Wahab/ayotasik).

KADIPATEN, AYOTASIK.COM--Rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) menimbulkan kegelisahan di para pedagang di jalur lingkar Gentong Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Mereka khawatir, kehadiran jalur tol Cigatas nantinya akan mematikan usaha yang sudah berjalan puluhan tahun.

Kegelisahan tersebut, diungkapkan Habibah (46), yang sudah lama berjualan makanan dan minuman di jalur lingkar Gentong. Dia khawatir, di saat Tol Cigatas sudah dibangun, usahanya semakin sepi. Padahal warung makanan menjadi tumpuan kehidupan keluarganya.

"Ya kalau ditanya pasti khawatir. Nantinya bakalan sepi tiap hari apalagi kalau musim lebaran. Bagaimana usaha saya nantinya pak, " papar Habibah kepada Ayotasik.com, Senin (10/6/2019).

Habibah menambahkan, pada musim mudik maupun balik Lebaran, dia bisa mengantongi sekitar Rp1 juta-Rp2 juta/hari. Pendapatan itu, dipastikan berkurang drastis jika tol Cigatas jadi dibangun.

"Pasti nanti yang pake mobil lebih memilih melewati jalan tol, jadi pasti berkurang. Tapi saya mau protes bagaimana itu sudah jadi program pemerintah, " papar Habibah.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Usman Kusmana mengatakan, kehadiran Tol Cigatas membawa dampak positif dan negatif bagi warga Tasikmalaya. 

Di satu sisi, kehadiran tol Cigatas akan mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat, munculnya ekonomi baru di tengah masyarakat serta mempercepat mobilitas masyarakat. Selain itu, investor akan menanamkan modalnya di wilayah Tasikmalaya. Hal itu akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Investor juga akan membangun perekonomian, akan banyak pergudaan, rumah makan baru  dan itu akan mengurangi tingkat pengangguran dan terjadi penyerapan tenaga kerja" tambah Usman.

Namun, Usman juga tidak bisa memungkiri hadirnya dampak negatif kehadiran tol Cigatas. Titik ekonomi yang saat ini hadir di jalur utama akan mati. Karena nantinya, pengendara akan lebih memilih jalur tol dibandingkan dengan jalur utama yang saat ini ada.

"Sama halnya pada perekonomian sebelum Tol Cipularang. Sekarang Ciawi, Kadipaten kan banyak rumah makan, tentu itu akan berdampak." papar Usman.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar