Yamaha Mio S

Kunjungi Tasik, Wajib Cicipi Bubur Ayam Zaenal

  Rabu, 12 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Bubur Ayam Zaenal. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

TAWANG, AYOTASIK.COM--Selain Nasi Tutug Oncom (TO), Tasikmalaya juga mempunyai makanan lainnya yang tidak kalah enak yakni Bubur Ayam Zaenal yang berada di Jalan Ikik Wiradikarya Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Bubur Ayam Zaenal yang sudah berdiri tahun 1969 ini merupakan hasil racikan H. Zaenal ini tidak berbeda dengan bubur ayam lainnya, Namun yang membedakan yakni tekstur Bubur ayam tidak terlalu kental. Rasa yang dihasilkan bubur ayam pun gurih dan lembut.

Tidak hanya itu, topping pelengkap bubur ayam pun bermacam-macam, di antaranya suwir daging ayam, ati ampela, cakwe, dan irisan daun bawang. Bahkan, topping memenuhi hampir 50 persen mangkuk bubur ayam.

AYO BACA : Kue Tutug Oncom, Camilan Baru dari Tasik

Dari keterangan yang didapat Ayotasik.com, Bubur Ayam Zaenal sudah ada sejak 1961 dengan berjualan menggunakan gerobak. Namun pada tahun 1969, pemilik memutuskan membuka warung di rumah.

Buka dari pukul 06.00 WIB, penggemar bubur ayam sudah memadati warung. Pembeli harus rela antre untuk menikmati rasa khas Bubur Ayam Zaenal. Bahkan, sering kali pembeli kehabisan jika datang pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB.

Yudi Iriawan (30) warga Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya misalnya, harus rela menunggu 30 menit untuk mendapatkan semangkuk bubur ayam. Hal ini karena banyaknya pembeli terutama pada jam istirahat kantor.

AYO BACA : Kuliner Legendaris: Kupat Tahun Mangunreja Bertahan Sejak Zaman Belanda

"Tadi sempat nunggu, tapi semuanya terganti sama rasa buburnya. Enak dan pas rasanya. Ada kan bubur ayam yang sehabis makan itu mual, kalau ini bumbunya pas," kata Yudi, Rabu (12/6/2019).

Harga yang dipatok pun berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Di warung Bubur Ayam Zaenal ini, semangkuk dihargai Rp15.000 hingga Rp25.000. Namun harga yang relatif mahal itu akan tergantikan dengan rasa yang enak.

"Harga tidak masalah kalau menurut saya, karena rasanya enak, pelengkapnya juga banyak melimpah. Jadi tidak masalah," papar Yudi.

Bagi Anda yang kebetulan mampir atau berkunjung ke Kota Tasikmalaya tidak ada salahnya jika mencoba Bubur Ayam Zaenal. Tapi usahakan anda datang sebelum pukul 10.00 WIB agar tidak kehabisan.

AYO BACA : Surga Cokelat di Dapur Cokelat Mulyosari

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar