Yamaha Aerox

Hati-hati Saat Melewati Jembatan Gobang Tasik

  Sabtu, 15 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Jembatan Gobang yang menghubungkan wilayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dengan Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

PURBARATU, AYOTASIK.COM -- Rusak dan terkesan tidak terawat, itulah kesan pertama saat Ayotasik.com melihat langsung Jembatan Gobang di Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jembatan gobang, menghubungkan wilayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dengan Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Kerusakan jembatan terlihat dari bantalan yang hanya sebagian tertutupi kayu. Sebagian lainnya dibiarkan menganga sehingga aliran sungai Cikalang jelas terlihat. Dengan kondisi tersebut, pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati saat melintas, jika tidak kemungkinan akan terperosok dan jatuh ke sungai sangat tinggi.

Deni Kurniawan, Warga Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu mengatakan, pengendara sepeda motor akan mendapatkan kesulitasn tambahan disaat kondisi kayu basah sesudah diguyur hujan. Licinnya kayu sebagai bantalan jembatan ditambah tidak semua bagian jembatan tertutup kayu memaksa pengendara harus berhati-hati dan berkendara dengan pelan.

“Sekarang saja licin, karena dari tadi gerimis terus. Makanya yang lewat harus hati-hati bisa bisa nanti terperosok," papar Deni, Sabtu (15/6/2019).

Kondisi Jembatan Gobang yang rusak dan tidak terawatt ini sudah terjadi sejak tahun 2017 lalu. Awalnya, kondisi bantalan jembatan dalam kondisi baik meskipun hanya dialasi kayu. Bahkan, kendaraan roda empat pun sering melewati jembatan Gobang untuk mempersingkat waktu.

“Kalau harus ke Pancasila dulu, ke Cibeureum dulu itu bisa memakan waktu setengah jam kalau mau ke Manonjaya, kalau lewat sini lima menit juga sudah sampai," papar Deni.

Risman (43) warga Singkup lainnya menuturkan, untuk memperingatkan para pengendara, masyarakat sekitar memasang imbauan seadayanya yang ditempel di bagian jembatan. Meski belum pernah ada pengendara yang terperosok dan jatuh, namun masyarakat sekitar khawatir ada korban dari kondisi jembatan yang rusak.

“Kemarin sudah dilakukan pengukuran oleh Dinas. Tapi tidak tahu perbaikannya kapan. Kalau perbaikan hanya sebatas bantalan dan pengecatakn jembatan saja. Mudah mudahan cepat diperbaiki karena ini jembatan ramai dilalui," pungkas Risman.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar