Yamaha

Soto Pataruman, Kuliner Tasik yang Bikin Ketagihan

  Rabu, 26 Juni 2019   Irpan Wahab Muslim
Soto Pataruman. (Irpan Wahab.ayotasik).

CIHIDEUNG,AYOTASIK.COM--Di Tasikmalaya, terdapat warung soto yang berbeda dari warung soto lainnya. Selain dari penyajian, isi soto juga sangat melimpah. Warung soto ini berada di Jalan Pataruman No. 23 Kelurahan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. 

Dari segi penyajian, kuah soto yang konon sudah ada sejak tahun 1960 an ini juga sedikit encer. Isi dari soto juga sangat melimpah dengan berisi suwir daging ayam kampung, ati ampela, telor, ceker irisan daun bawang dan kedelai goreng. 

Kuah yang berasal dari santan kepala ditambah dengan isian soto yang melimpah membuat rasa yang dihasilkan sangat berbeda. Kuah yang didominasi santan kelapa membuat rasa gurih, namun dengan kadar yang pas. Hal ini yang membuat banyak penikmat soto yang ketagihan.

Hilda Holidah (36), salah seorang pemburu kuliner warga Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya menuturkan, ada cita rasa berbeda yang dihasilkan Soto Pataruman. Dia yang sering menikmati soto di daerah lain mengakui, soto Pataruman lebih terasa gurih.

"Saya pernah coba soto Betawi, soto Lamongan dan soto lainnya, tapi saya rasa Soto Pataruman ini beda. Ada rasa yang khas dan pas. Gurihnya itu pas tidak berlebihan," papar Hilda, Rabu (26/6/2019).

Ditambahkan Hilda, suwir daging ayam bagian dada pun lembut dan tidak berbau amis. Berbeda dengan soto lainnya yang terkadang bau amis daging ayam masih tercium dan dagingnya sedikit keras.

"Kalau yang saya rasa ini beda, bikin ketagihan. Saya sering makan disini sama keluarga atau lagi ada teman dari luar kota saya sering bawa kesini dan mereka suka," papar Hilda.

Menikmati soto pataruman yang sudah melegenda ini cukup terjangkau. Hanya dengan harga Rp. 30.000 per porsi, sudah bisa menikmati kuliner yang enak. Soto pataruman yang berada dijalan Pataruman ini buka dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar