Yamaha Mio S

Ingin Ketenangan, Kunjungi Puncak Pelita di Tasikmalaya

  Rabu, 03 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Objek kolam berenang di Puncak Pelita, Kampung Sukamaju Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

CIAWI, AYOTASIK.COM -- Bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan menikmati keindahan alam, puncak pelita yang berada di Kampung Sukamaju Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, patut dikunjungi. Disini, Anda bisa menikmati suasana tenang, damai, dan merasakan kesejukan khas pegunungan.

Selain itu, di puncak ini, Anda juga bisa melihat langsung hamparan luas wilayah Tasikmalaya. Persawahan, perkebunan, juga permukiman akan sangat indah dilihat dari ketinggian puncak itu.

Menuju puncak pelita sangat mudah. Jika datang dari arah Bandung, Anda bisa mengambil Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga). Setelah di Jalan Cisinga, tujuan selanjutnya yakni menuju Desa Kiarajangkung.

Dari sana, medan tanjakan dan kelokan jalan akan dilalui sebelum mencapai puncak pelita. Namun di tengah perjalanan sekitar 15 menit itu, Anda akan melihat indahnya deretan perkebunan dan persawahan warga.

Sesampainya dipuncak pelita, Anda akan disambut semilir angin sepoy-sepoy khas pegunungan. Anda bisa beristirahat sejenak di warung-warung warga. Aneka makanan kecil tersedia di warung sederhana tersebut.

Dilokasi puncak pelita, terdapat beberapa tempat yang bisa dinikmati, seperti melihat replika perahu yang terbuat dari bambu yang berdiri menjorok ke arah tebing.

Dari replika perahu itu, Anda bisa mengabadikan pemandangan hamparan wilayah Tasikmalaya. Tidak sedikit, pengunjung yang berswafoto sambil mengabadikan keindahan Tasikmalaya dari ketinggian.

Ali Pasya (30) salah satu pengunjung puncak pelita mengatakan, dirinya sengaja datang mengunjungi puncak pelita karena penasaran dengan keindahan alamnya. Ternyata benar, perjalanan yang ditempuh dari Kecamatan Singaparna, kurang lebih sekitar 23 kilometer itu seolah tidak sebanding dengan keindahan alam yang disuguhkan.

"Cocok buat menenangkan pikiran. Suasananya asri pegunungan dan banyak tempat yang bisa dinikmati. Penasaran karena banyak temen yang cerita soal puncak pelita ini," kata Ali kepada Ayotasik.com, Rabu (3/7/2019).

Selain banyak tempat untuk berswafoto, dipuncak pelita juga terdapat kolam renang yang letaknya berada di pinggir bukit. Dari kolam renang itu juga bisa dilihat wilayah Tasikmalaya.

"Tadinya mau renang, tapi ternyata agak keruh airnya jadi batal. Ya, disini aja menikmati kopi, foto keindahan alam. Cocok bener buat niis mah," tambah Ali.

Sementara itu, Abdul Manan (40) salah seorang pedagang di puncak pelita mengatakan, puncak pelita baru dibuka sekitar tahun 2018 lalu.

Dia bercerita, dibukanya puncak pelita berdasarkan hasil kesepakatan warga dengan pemerintah desa. Rencananya puncak pelita akan terus dikembangkan untuk menggaet pengunjung lebih banyak.

"Kalau anggaran dari pemerintah desa. Sementara ini mah tidak ada pungutan tiket, paling untuk biaya parkir saja. Itu juga tidak ditetapkan harganya terserah kepada pemilik motor," papar Manan.

Sepertinya, puncak pelita bisa dijadikan tempat berlibur bersama keluarga dan teman pada akhir pekan ini. Selain akses jalan mudah, keindahan alam yang disajikan pun sangat indah.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar