Yamaha Mio S

Pembentukan Karakter Generasi Muda Dimulai dari Keluarga

  Senin, 08 Juli 2019   Irpan Wahab Muslim
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Keberhasilan pendidikan karakter bagi generasi muda harus di awali dari lingkungan keluarga. Karena, keluarga merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter anak yang akan berpengaruh di masa depan. Pembentukan karakter itu mulai dari akhlak, budi pekerti, agama, pendidikan sosial dan juga sopan santun.

“Itu semua merupakan modal awal dalam pembentukan karakter anak atau generasi muda. Karakter anak ini akan membentuk dan modal bagi masa depan di masa depannya,\" papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana, Senin (8/7/2019).

AYO BACA : Pemkab Tasik Dorong Pembentukan Karakter Anak Lewat Ajengan

Fondasi atau karakter yang ditanamkan anak, lanjut Dadan, menjadi acauan masa depan anak. Oleh sebab itu, orang tua diharapkan mampu memberikan karakter dasar dirumah dalam membentuk generasi hebat di masa akan datang. Dadan optimis, disaat karakter anak sudah terbentuk baik, masa depan akan dimasa depan akan gemilang.

“Kemanapun anak pergi, dimanapun ia hidup nantinya akan mampu bertahan atau berkompetisi secara fair dengan bekal karakter kuat itu, karakter yang dibangun oleh keluarga,\" tambah Dadan.

AYO BACA : Keberadaan PAUD Penting di Masa Keemasan Usia Anak

Dadan mencontohkan, saat ini banyak kenakalan remaja yang muncul disekitar kita. Baik pergaulan bebas atau pun narkoba. Hal ini lantaran peran keluarga yang merupakan ujung tombak pembentukan karakter tidak dimunculkan. Maka dari itu, tugas pendidikan bukan hanya tugas guru di sekolah, melainkan juga tugas dari orang tua dirumah.

Hal senada dikatakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto. Ato menilai, peran keluarga terutama orang tua sangat penting dalam membentengi anak. Tidak sedikit kasus yang melibatkan anak di Kabupaten Tasikmalaya lantaran anak tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua.

“Makanya saya selalu mengimbau kepada orang tua, berikan anak kasih sayang yang cukup, bentuk mental dan karakter mereka agar terhindari dari perbuatan negative di kemudian hari,\" pungkas Ato.

AYO BACA : Pentas PAI Bentuk Karakter Anak Usia Dini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar