Yamaha Mio S

Pengusaha Angkutan di Tasik Buka Rute Tasik - BIJB

  Senin, 15 Juli 2019   Irpan Wahab
Angkutan umum PO Budiman jurusan Tasikmalaya-BIJB. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

INDIHIANG, AYOTASIK.COM --  Dibukanya Bandara Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majelengka membuat pengusaha angkutan umum di Kota Tasikmalaya mulai membuka rute Tasikmalaya – BIJB. Salah satunya Perusahaan Otobus (PO) Budiman. Selain memanfaatkan peluang usaha, pembukaan rute itu berdasarkan imbauan dari Dinas Perhubungan Jawa Barat kepada perusahaan.

Pengurus PO Budiman Asep Tatang menuturkan, persiapan untuk membuka rute Tasikmalaya – BIJB sudah dilakukan pada tahun 2018 lalu. Namun pengoperasian resmi rute tersebut baru dilakukan pada 1 Juli kemarin.

AYO BACA : Penumpang di BIJB Diberi Diskon Hotel dan Kuliner Cirebon

“Persiapan sudah dari tahun lalu, tapi operasi resmi kami tetapkan awal bulan Juli ini, “ papar Asep. Senin (15/7/2019).

Ia menjelaskan, kendaraan yang digunakan untuk mengangkut penumpang menuju BIJB menggunakan kendaraan jenis Mercy Sprinter dengan kapasitas 9 orang penumpang. Saat ini baru ada tiga jadwal pemberangkatan yakni pukul 05.00 WIB, 08.00 WIB, dan pukul 10.00 WIB.

AYO BACA : Sepekan Pengalihan Rute Penerbangan ke BIJB, Okupansi Sebagian Hotel di Cirebon Belum Terdampak

“Kalau untuk pemesanan tiket bisa dilakukan secara online maupun offline. Kami baru ada tiga jadwal sementara ini, “ papar Asep.

Harga tiket rute Tasikmalaya – BIJB ini dipatok dengan harga Rp130.000 per orang. Asep optimis, rute angkutan yang dibuka akan diminati oleh warga terutama pengguna angkutan pesawat terbang.

Ditemui ditempat yang sama, Toni Wahyudin (45) penumpang asal Tasikmalaya menuturkan, pihaknya terbantu dengan adanya rute Tasikmalaya – BIJB. Ia yang akan berangkat pada Selasa (16/7/2017). Ia mengaku merasa dipermudah dengan rute baru tersebut karena lebih memangkas jarak dan waktu dibandingkan harus berangkat dari Bandung.

“Mau berangkat besok, sekarang lagi pesen tiket dulu. Alhamdulilah katanya hanya 4 jam perjalan ke sana, dibandingkan harus dari Bandung dua jadi dua kali perjalanan, “ pungkas Toni.

AYO BACA : Permudah Akses ke BIJB, Pembangunan Tol Cisumdawu Dikebut

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar