Yamaha Aerox

Kabupaten Tasik Kekurangan 106 Ruang Kelas Baru

  Selasa, 23 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Siswa kelas 1 SDN 3 Salawu Kabupaten Tasikmalaya terpaksa harus belajar berdesakan karena kekurangan ruang kelas, Selasa (23/7/2019). (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Opan Sopyan mengakui bahwa Tasikmalaya masih kekurangan 106 Ruang Kelas Baru (RKB). Tahun ini, kata Opan, Dinas Pendidikan membangun 5 RKB, sehingga total kekurangan menjadi 101 RKB.

Kekurangan RKB itu, lanjut Opan, membuat sebagian sekolah kekurangan kelas. Akibatnya proses pembelajaran siswa terpaksa harus bergiliran atau menggunakan ruangan lain yang ada di sekolah. Seperti yang terjadi di SDN Cikadongdong di Kecamatan Singaparna dan SDN 3 Salawu di Kecamatan Salawu.

AYO BACA : Ruang Kelas Kurang, Siswa Belajar Berdesakan

"Tahun ini kita bangun RKB di lima sekolah. Artinya ada 101 kekurangan RKB lagi. Mudah-mudahan secara bertahap dari tahun ke tahun jumlah ini berkurang, " papar Opan melalui sambungan telepon, Senin (23/7/2019).

Selain kekurangan RKB, lanjut Opan, di Kabupaten Tasikmalaya juga ada 2.023 ruang yang harus direhabilitasi atau diperbaiki. Jumlah itu terdiri dari rusak sedang 1.004 ruang, rusak berat 1.014 ruang dan rusak total mencapai 5 ruang.

AYO BACA : Siswa Tasik Belajar Dilantai Akan Difasilitasi Disdik

"Jumlah itu berdasarkan usulan melalui dapodik dari masing-masing sekolah. Karena, kan, pengajuannya tidak berbentuk proposal tapi melalui dapodik," papar Opan.

Tahun ini, ada 238 ruang kelas yang masuk dalam program rehabilitasi atau perbaikan. Opan menegaskan tiap tahun pihaknya selalu berupaya untuk melakukan perbaikan ruang kelas maupun penambahan Ruang Kelas Baru (RKB).

"Kami tiap tahun selalu berupaya, baik dari APBD kita, bantuan provinsi maupun pusat. Kami tidak tutup mata atas kondisi di lapangan yang masih ada sekolah yang kekurangan ruang kelas," pungkas Opan

AYO BACA : Ruang Kelas Kurang, Siswa Belajar Dilantai

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar