Yamaha Aerox

Ini Pekerjaan Besar Pemkab Tasik di Hari Jadi ke-387 Tahun

  Kamis, 25 Juli 2019   Dede Nurhasanudin
Sarana olahraga di Kecamatan Mangunreja, Tasikmalaya, tampak mangkrak. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Momen Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 pada tahun 2019 harus dijadikan momentum oleh pemerintdah daerah (pemda) menuntaskan berbagai pekerjaan terutama dalam bidang infrastruktur. Karena diakui atau tidak, keberadaan infrastruktur yang baik menjadi penopang berbagai aktivitas warga.

Sedikitnya ada dua pekerjaan besar yang harus segera dituntaskan oleh pemerintah, yakni penuntasan proyek pembangunan sarana olahraga (sor) di Kecamatan Mangunreja dan penuntasan Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga). Kedua proyek pembangunan ini tidak kunjung tuntas meski sudah lima hingga sepuluh tahun.

AYO BACA : Soal Dugaan Oknum Tiket, Bupati: Tasik Motekar Gratis

Proyek pembangunan sor misalnya, merupakan proyek ganti rugi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pasca diberikannya Komplek Olahraga Dadaha kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya. Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya mendapatkan suntikan anggaran dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp40 miliar. Anggaran itu dipakai untuk pembebasan lahan dan pembentukan lapangan.
 
Suntikan anggaran pun terus berlanjut, pada 2015 Pemkab Tasikmalaya kembali mendapatkan Rp100 miliar untuk melanjutkan pembangunan sor. Namun, terjadi kesalahan kebijakan. Anggaran itu dipakai untuk membangun beberapa kantor dinas. Alhasil, pembangunan sor mangkrak hingga tahun 2019.

“Ini ada kebijakan yang keliru, karena kompensasi itu dialihkan untuk infrastruktur jalan dan pembangunan kantor dinas. Sedikitpun tidak ada yang dialokasikan ke stadion (sor), “ kata Politisi PPP Basuki Rahmat kepada wartawan beberapa waktu lalu.

AYO BACA : Pemkab Tasik Bertekad Penuhi Kebutuhan Sekolah

Dihubungi terpisah, Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya Nana Sumarna menuturkan, pemerintah harus segera merampungkan pembangunan sor karena sudah sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih lagi, sebagai sarana pencetakan atlet yang nantinya akan berkiprah mewakili Kabupaten Tasikmalaya dikancah olahraga regional, nasional, bahkan Internasional.

“Masyarakat juga merasa tidak ada sarana olahraga yang memadai, akibatnya lahan perkantoran pemda jadi tempat jogging meskipun itu bukan peruntukan. Jadi harus segera diselesaikan,“ papar Nana, Kamis (25/7/2019).

Selain sor, Nana juga menyoroti belum tuntasnya Jalan Cisinga yang sudah 10 tahun. Meski saat ini sudah tersambung, namun belum sepenuhnya badan jalan diaspal secara keseluruhan. Bahkan ada sebagai badan jalan yang sudah diaspal dalam kondisi rusak di beberapa titik. Nana menilai, akses Jalan Cisinga yang sudah bagus akan membantu mobilitas dan konektivitas daerah utara, tengah, dan selatan Tasikmalaya.

“Jadi bupati yang sekarang harus fokus kesana, penyelesaian dua proyek besar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kedepan ada pemilihan Bupati, kita cari dan dukung calon yang berkomitmen menyeesaikan dua proyek itu, “ pungkas Nana.

AYO BACA : Pemerintah Akui Pasar Singaparna Tasik Rawan Terbakar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar