Yamaha

Tasik Geger, Macan Tutul Ditemukan di Kebun Warga

  Rabu, 31 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Seekor Macan Tutul (Panthera Pardus) ditemukan bertengger di dahan pohon di kawasan permukiman warga Kampung Badeung, Desa Gunajaya, Kabupaten Tasikmalaya,Jawa Barat, Rabu (31/7/2019) dini hari. Seekor Macan Tutul ditemukan warga sedang berburu musang dan sampai saat ini hewan langka yang dilindungi tersebut masih dalam pengejaran pihak terkait. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

MANONJAYA, AYOTASIK.COM -- Warga Kampung Badeung, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan penampakan macan tutul bertengger di pohon aren di salah satu kebon warga.

Kasi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya Bidang KSDA Wilayah III Ciamis Didin Saripudin mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya macan tutul dari pemburu musang. Pemburu melihat macan tutul muda berusia sekitar dua tahun sedang berdiam diri di atas pohon pada Selasa (30/7/2019) sore.

AYO BACA : Penumpang Terlantar Imbas Mogok Angkutan AKAP

"Kami mendapat laporan sore, ada macan bertengger di pohon. Kami langsung ke lokasi siap siaga penanganan konflik macan tutul dengan warga. Juga melibatkan berbagai pihak mitra KSDA sejak malam, dari Cikembulan, Garut dan lainnya," ujar Didin ditemui di lokasi, Rabu (31/7/2019).

Didin menambahkan, pihaknya sudah melakukan upaya evakuasi sejak pukul 03.00 WIB dengan menembakan tembakan bius. Namun upaya itu sampai tiga kali meleset. Percobaan lainnya dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB saat kondisi mulai terang, namun macan kaget sehingga turun dan kabur ke pohon lainnya di lokasi perkebunan milik warga.

AYO BACA : Protes Persaingan Tidak Sehat, Awak Angkutan AKAP di Tasik Mogok

"Tim kami kembali melakukan pengejaran untuk pembiusan. Beberapa kali kembali dilakukan tembakan bius. Ada yang kena sekali, tapi kecil, sehingga efek bius tak terasa. Sampai macan kembali berpindah, saat ini belum membuahkan hasil. Kami terus berusaha sampai macan berhasil dievakuasi," tutur Didin.

Hingga pukul 11.30 WIB, petugas masih mencari macan tutul itu. Diperkirakan satwa tersebut masih berada di dekat permukiman warga.

Salah satu warga, Aceng Sapardi (40) menuturkan, saat pertama kali mengetahui kemunculan macan tutul tersebut, dirinya tak menyangka hewan itu berkeliaran di area permukiman penduduk.

"Yakin itu macan tutul karena ciri-cirinya totol-totol, sebesar anjing. Sempat turun, tapi naik lagi. Saya lari lalu lapor ke warga, langsung pada berkumpul karena penasaran," ucap Aceng.

Warga lainnya Joni, mengaku khawatir dengan adanya macan tutul tersebut. Ia dan warga lainnya berharap kepada petugas berwenang untuk segera menangani macan tersebut. "Ini baru pertama kali. Warga ingin macan segera diamankan khawatir memangsa hewan ternak dan manusia," pungkas Joni.

AYO BACA : Kemarau Panjang, Volume Air Situ Gede Surut

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar