Yamaha Mio S

Awasi Anak Dalam Penggunaan Gawai Berlebih

  Kamis, 08 Agustus 2019   Irpan Wahab
sikolog anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto memaparkan materi dalam talkshow tentang anak di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (8/8/2019). (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Psikolog anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto menaruh perhatian besar pada fenomena kekinian perihal anak-anak. Ia menyatakan, zaman sekarang, anak-anak lebih akrab berteman dengan gawai. Otomatis sebagian banyak waktu anak habis tidak dengan orang di sekitarnya.

Seto memandang, gawai ibarat sebilah pisau. Artinya perangkat itu mengandung manfaat sekaligus bahaya. Karena itu, akan berbahaya jika sampai anak-anak yang seharusnya disupi oleh berbagai pelajaran sekolah malah lupa waktu. Ia pun mengharapkan orang tua mengawasi anak dalam penggunaan gawai.

AYO BACA : Pemkab Tasik Butuh 35 Miliar Benahi Objek Wisata

"Baik dari segi waktu tidak berlebihan dan memfilter isi dari gadget itu sendiri karena mengandung unsur positif dan negatif ," papar Seto seusai menghadiri talkshow tentang anak di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (8/8/2019).

Seto mengakui, saat ini banyak anak-anak yang sudah tergantung benda modern itu. Mereka bahkan sampai menangis atau marah saat gawainya kehilangan daya atau koneksinya tak lancar.

AYO BACA : Pembahasan KUA-PPAS Kabupaten Tasikmalaya Dinilai Janggal

"Ini akan menggangu konsentrasi anak dalam kegiatan-kegiatan lain termasuk terkait pembelajaran," ujarnya.

DIa menambahkan, orang tua berperan penting untuk meminimalisir penggunaan gawai pada anak. Ia mengharapkan orang tua mendampingi anak saat bermain gawai maupun saat sang anak belajar.

"Sekali kali saya tekankan peran orang tua sangat penting. Temani anak kita saat mereka menggunakan gadget dan temani disaat belajar," pungkas Kak Seto.

AYO BACA : Iduladha Tahun Ini, Harga Domba Alami Kenaikan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar