Yamaha Mio S

Kak Seto Ajak Populerkan Permainan Tradisional

  Kamis, 08 Agustus 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Psikolog Anak Seto Mulyadi. (Irpan Wahab/Ayocirebon.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Gencarnya berbagai permainan yang mudah diakses melalui gawai menjadi salah satu penyebab anak-anak ketergantungan perangkat modern itu. Melihat kondisi itu, Psikolog anak Seto Mulyadi mengajak kepada semua pihak mempopulerkan kembali permainan tradisional.

AYO BACA : Awasi Anak Dalam Penggunaan Gawai Berlebih

Pria yang akrab disapa Kak Seto ini menambahkan, saat ini permainan tradisional anak-anak tergantikan oleh permainan-permainan yang disuguhkan melalui gawai dan media permainan modern lainnya.

AYO BACA : Pemkab Tasik Butuh 35 Miliar Benahi Objek Wisata

"Kalau bisa populerkan kembali permainan tradisional di Tasikmalaya dan Jawa Barat khususnya. Mulai dari permainan gangsing dan permainan lainnya," papar Kak Seto kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Permainan Tradisional, lanjut Kak Seto, mempunyai kelebihan dibandingkan dengan permainan yang ada di gawai. Permainan tradisional bermanfaat sangat tinggi untuk kesehatan. Karena dalam permainan tradisional anak banyak bergerak sehinggan aliran darah dalam tubuh ikut mengalir dengan baik.

Saat ini, diakui Kak Seto, keberadaan permainan tradisional mulai sulit ditemukan di beberapa wilayah. Banyak anak-anak yang sibuk dengan permainan gawai dan itu kurang baik untuk kesehatan anak.

"Dan manfaatnya bersosialisasi, bertaman. Karena cara mainnya banyak yang berkelompok. Sehingga anak belajar bekerjasama sejak usia dini," pungkas Kak Seto.

AYO BACA : Pembahasan KUA-PPAS Kabupaten Tasikmalaya Dinilai Janggal

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar