Yamaha Aerox

Bingkai Kebersamaan Iduladha Di Tasikmalaya, PCNU Salurkan Sapi

  Senin, 12 Agustus 2019   Irpan Wahab
Kurban PCNU Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

CIAWI, AYOTASIK.COM -- Iduladha atau hari raya kurban seyogyanya tidak hanya dinikmati oleh kaum muslimin saja, namun juga harus dirasakan oleh seluruh seluruh lapisan masyarakat termasuk yang berbeda agama. Seperti yang terlihat pada penyaluran hewan kurban sapi yang dilakukan PCNU Kabupaten Tasikmalaya ke Kampung Kaliminggir Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi.

Kaliminggir dipilih sebagai tempat menyalurkan hewan kurban lantaran ditempat tersebut ada 34 Kepala Keluarga (KK), 11 KK diantaranya non muslim dan 3 KK lainnya aliran kepercayaan.

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya Atam Rustam menuturkan, agenda membagikan hewan qurban ke daerah yang terdapat warga non muslim di Kabupaten Tasikmalaya sudah menjadi agenda rutin. Bahkan tidak hanya di Kampung Kaliminggir Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi saja.

AYO BACA : AS Ucapkan Selamat Iduladha untuk Umat Muslim

"Di Kecamatan Cipatujah juga sama. Karena kebetulan di sana juga ada warga minoritas non muslim," ujar Atam, Senin (12/8/2019).

Hewan qurban yang disalurkan, lanjut Atam, merupakan pemberian agniya yang menitipkan donasinya melalui PCNU Kabupaten Tasikmalaya. Setelah donasi terkumpul lantas dibelikan sapi dan diserahkan ke panitia qurban di daerah setempat.

"Esensi qurban adalah berbagi kasih sayang kepada siapa saja. Ini menjadi bagian dari dakwah kita, dakwah rahmatan lil alamin," tambah Atam.

AYO BACA : Siagakan Penjagaan Hewan Kurban 24 Jam

Ketua PC GP. Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim yang ditugaskan untuk menyerahkan hewan qurban ke Kampung Kaliminggir Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya menuturkan, hewan qurban yang diserahkan oleh PCNU Kabupaten Tasikmalaya diterima langsung oleh panitia qurban di kampung tersebut.

"Alhamdulillah setiap tahun selalu ditunggu dengan antusias. Kehadiran NU betul-betul dirasakan oleh masyarakat setempat," ujarnya.

Menariknya, lanjut Asep, dalam proses penyembelihan hewan qurban dari awal sampai akhir, seluruh warga di Kampung Kaliminggir baik yang muslim maupun non muslim ikut terlibat.

"Disembelihnya tentu oleh warga muslim yang menjadi panitia di sana. Tapi warga non muslim juga membantu membersihkan, menguliti dan sebagainya," pungkas Asep.

AYO BACA : Produsen Tusuk Sate di Tasik Kebanjiran Order

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar