Yamaha Aerox

Hati-Hati, Cacing Hati Sapi Bisa Merusak Kesehatan

  Selasa, 13 Agustus 2019   Irpan Wahab
Pemeriksaan hati sapi dari cacing pita oleh petugas di Tasikmalaya. (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya menemukan adanya penyakit cacing pita pada hewan kurban pada Iduladha tahun ini. Kesimpulan itu didapat setelah melakukan pemeriksaan pada hari H dan H+1 Iduladha di sejumlah wilayah yang paling banyak menyembelih hewan kurban, seperti Kecamatan Cibalong, Salawu, Pagerageung, Salopa, Bantarkalong, Cikalong, dan Sukaresik.

AYO BACA : Bingkai Kebersamaan Iduladha Di Tasikmalaya, PCNU Salurkan Sapi

"Ada 14 ekor sapi yang disembelih, 4 ekor teradapat penyakit cacing seperti itu. Ada juga yang sehat atau bersih tidak ditemukan ada juga," papar Kasi Kesmavet Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya Heri Kusdiana melalui sambungan telepon, Rabu (13/8/2019).

AYO BACA : Hati-Hati Logam Timbal Pada Hewan Kurban

Penyakit cacing pita itu, lanjut Heri, disebabkan karena saat dipelihara, Sapi tidak diberikan diperiksa dan diberi suntikan cacing. Pemberian obat cacing itu dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali.

Heri mengimbau kepada masyarakat yang kebetulan mendapatkan bagian hati hewan kurban untuk diperiksa dengan teliti. "Kalau misalkan ada, ya lebih baik dibuang saja. Untuk menjaga kesehatan. Karena sangat berbahaya," papar Heri.

Heri menambahkan, bila dikonsumsi, cacing pita sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Cacing akan berkembang dan mengganggu kesehatan, bila kondisinya parah bisa menyebabkan kematian.

AYO BACA : Waspada Kelesterol dan Gangguan Pencernaan Pasca Iduladha

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar