Yamaha Aerox

Pramuka Tasikmalaya Komitmen Cintai Lingkungan

  Rabu, 14 Agustus 2019   Irpan Wahab
Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto mengajak kepada seluruh anggota pramuka dan masyarakat luas untuk menjaga lingkungan. Di antaranya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik karena sampahnya sulit terurai.

Ade yang juga sebagai Bupati Tasikmalaya menambahkan, pemerintah sudah memulai gerakan mengajak pengurangan sampah plastik pada Iduladha kemarin dengan mengganti pembungkus daging kurban oleh pipiti.

Pramuka yang merupakan kader masyarakat harus juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Akan tetapi, lanjut Ade, anggota pramuka diharapkan menerapkan tindakan mengurangi sampah plastik dimulai dari diri sendiri.

"Masyarakat kita itu kebetulan masyarakat pencontoh, artinya anggota pramuka harus memberikan contoh dulu tentang pengurangan sampah plastik," kata Ade usai memimpin upacara Hari Pramuka ke 58 tahun 2019 di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (14/6/2016).

Hal senada dikatakan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya Ruhimat. Ia menuturkan, di dalam gerakan pramuka terdapat Saka Kalpataru yakni satuan karya yang membidangi lingkungan hidup. Setidaknya sudah ada 11 Saka Kalpataru di berbagai tingkatan di Kabupaten Tasikmalaya.

"Terpenting adalah menumbuhkan dulu dalam setiap anggota pramuka peduli terhadap lingkungan. Kalau sudah ada rasa peduli, nantinya lingkungan juga akan terjaga dengan sendirinya," kata Ruhimat.

Ruhimat mengharapkan, dengan adanya Saka Kalpataru ini, kepedulian anggota pramuka terhadap lingkungan tumbuh dengam baik. Jangan sampai, anggota pramuka justru malah memberikan contoh tidak pantas seperti merusak lingkungan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar