Yamaha Mio S

Kabupaten Tasikmalaya Belum Layak Dipasang Lampu Lalin

  Kamis, 22 Agustus 2019   Irpan Wahab
Salah satu perempatan di bilangan Jalan Cisinga, Tasikmalaya, tampak terlihat lampu lalulintas namun tak difungsikan, Kamis (22/8/2019). (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kabupaten Tasikmalaya mungkin menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang tidak memiliki traffic light alias lampu lalulintas. Padahal jika dilihat kasat mata, volume kendaraan yang melintas di wilayah Kabupaten Tasikmalaya cukup ramai, seperti di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Singaparna. Namun kondisi itu tak membuat perempatan maupun pertigaan ruas jalan dipasang oleh lampu lalulintas.

Dari pantauan ayotasik.com di lapangan, kepadatan kendaraan sering terjadi di perempatan Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga). Lampu lalulintas memang terpasang di empat ruas jalan namun tidak dioperasikan. Padahal di jalan ini, kepadatan kendaraan terjadi hampir tiap jam.

AYO BACA : Dana Pindah Ibu Kota dari Swasta Dikhawatirkan Ancam Kedaulatan Negara

"Harusnya sudah ada lampu merah, tapi ini sudah ada tapi tidak dioperasikan," papar Adri (35) salah satu warga yang ditemui ayotasik.com di Jalan Muktamar, Kamis (22/8/2019).

Dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Heri Bimantoro menyebutkan, pada tahun 2017 lalu lampu lalu lintas memang dipasang di perempatan Cisinga. Namun justru kendaraan makin menumpuk dan menyebabkan kemacetan baik terutama dari arah Tasikmalaya menuju Singaparna dan sebaliknya.

AYO BACA : Raperda Pendidikan Keagamaan Ditarik, Ridwan Kamil Beri Penjelasan

"Justru malah macet dari dua arah, kita ada usulan dari Polres akhirnya kita tidak operasionalkan. Tapi masih tetap terpasang, " kata Heri.

Kemungkinan, lanjut Heri, bukan tidak mungkin kedepan lampu lalulintas yang sudah dipasang akan difungsikan kembali. Nantinya akan dibahas dengan Polres Tasikmalaya terkait teknis waktu dinyalakannya lampu.

"Paling kita akan koordinasi dulu sama Polres. Memang sudah layak difungsikan, tinggal nanti diatur, mana yang lama waktunya apakah lampu yang hijau atau yang merah. Terutama yang mengatur kendaraan dari arah Singaparna Tasik atau sebaliknya, "tambah Heri.

Sementara untuk ruas jalan di wilayah Manonjaya, Ciawi maupun Karangnunggal, Heri menyatakan di tiga wilayah itu belum layak dipasangi lampu lalulintas karena volume kendaraan belum begitu meningkat.

AYO BACA : Begini Tampilan All New Vixion dan All New Vixion R dengan Warna dan Stripping Baru

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar