Yamaha Mio S

Pemkab Tasikmalaya Targetkan Tahun 2020 Jalan Cisinga Rampung

  Jumat, 23 Agustus 2019   Irpan Wahab
Jalan Cisinga. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya manargetkan jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga) akan rampung dan bisa digunakan sepenuhnya pada tahun 2020 mendatang. Mengejar target itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui pihak ketiga memulai pengerjaan jalan yang belum teraspal yakni di Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, sepanjang 2,5 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Yusep Yustisiawandana melalui sambungan telepon menuturkan, untuk merampungkan pekerjaan 2,5 kilometer itu, disiapkan anggaran Rp22 miliar lebih, yang bersumber dari bantuan provinsi. Yusep menambahkan, anggaran itu dipakai selain untuk pengaspalan jalan juga untuk membangun sarana lainnya, yakni drainase, tembok penahan tanah, dan pemasangam Bronjong.

AYO BACA : BNPB Rinci Lama Daerah Kekeringan

"Agar nantinya struktur tanah kuat dan tidak terjadi longsor," kata Yusep, Jumat (23/8/2019).

Yusep menambahkan, dilanjutkannya kembali Jalan Cisinga tidak terlepas dari adanya rencana pemerintah pusat membangun jalan tol Bandung-Garut-Tasikmalaya yang diperkirakan akan melewati Jalan Cisinga. Berdasarkan informasi yang ia terima, jalan tol akan melewati bagian utara Singaparna.

AYO BACA : Tanah Retak Intai 16 Bangunan di Salawu

"Jadi mudah mudahan nanti terkoneksi, kalau rencana yang saya terima itu benar maka Cisinga sudah siap dilalui oleh jalan tol," papar Yusep.

Rampungnya Cisinga, lanjut Yusep, akan membawa dampak besar pada kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, wisata maupun akses trasnportasi. Nantinya, akan terjadi pemangkasan waktu saat warga Singaparna ingin menuju Ciawi atau sebaliknya.

"Tujuan awal pembamgunan kan itu, koneksi antar wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan sekarang berjalan lancar," pungkas Yusep.

AYO BACA : Korban Miras Oplosan Tasikmalaya Bertambah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar