Yamaha

Peluncuran Smart SIM Didukung Anggota DPR

  Kamis, 05 September 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi SIM.

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Korlantas Polri akan menerbitkan surat izin mengemudi pintar atau smart SIM. Anggota Komisi III DPR RI John Kenedy Azin mengaku hal itu merupakan inovasi berarti sehingga harus didukung.

"Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Menurut saya, smart SIM ini merupakan langkah besar," kata John dalam Workshop Smart SIM, di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Menurut dia, di negara-negara maju telah menggunakan teknologi serupa. Untuk itu hadirnya smart SIM yang merupakan terobosan kreatif Polri diharapkan mampu meningkatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat.

AYO BACA : Kohir Pemotor Viral Ikuti Tes SIM

Pihaknya pun menanggapi komentar Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang kurang setuju dengan penerbitan smart SIM ini. Menurut John, adanya pendapat pro dan kontra atas hal yang baru, lumrah terjadi.

"Dalam setiap keputusan, pro dan kontra itu hal biasa," katanya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai adanya smart SIM tidak praktis, tetapi malah menambah jumlah kartu yang harus dimiliki masyarakat.

AYO BACA : Satlantas Polres Tasik Siapkan SIM Gratis untuk Pemotor Viral

Fadli berpendapat semestinya pemerintah berfokus pada pembuatan satu kartu sebagai identitas tunggal, yakni KTP elektronik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Korlantas Polri akan merilis surat izin mengemudi pintar atau smart SIM pada 22 September 2019 mendatang.

Setelah resmi dirilis, masa uji coba smart SIM dijadwalkan paling lama enam bulan, sebelum diterapkan di seluruh Indonesia.

Sejumlah keunggulan smart SIM dibandingkan SIM biasa diantaranya data identitas pengemudi/pengendara tercatat di dalam chip maupun di server, data pelanggaran lalu lintas pengemudi tercatat serta memiliki fasilitas penyimpanan uang elektronik yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

AYO BACA : Terjaring Operasi Patuh Lodaya, Pemotor Niat Beli SIM Anggota Polisi

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar