Yamaha Mio S

Rapat Paripurna Diwarnai Hujan Interupsi Hingga Skorsing

  Selasa, 10 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Setelah molor selama 30 menit dari jadwal pukul 14.00 WIB, rapat paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 yang kali pertama digelar, diwarnai interupsi sejumlah anggota dewan, hingga dilakukan skorsing selama 5 menit, Selasa (10/9/2019) sore.

Rapat paripurna dengan tiga agenda yakni pembukaan masa persidangan I, pembentukan fraksi-fraksi DPRD dan pengumuman nama-nama calon pimpinan DPRD definitif itu, akhirnya ditutup dengan hanya mengesahkan dua agenda persidangan. Sedangkan pengesahan nama-nama calon pimpinan DPRD definitif terpaksa ditunda.

Dari pantauan Ayotasik.com di ruang rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD sementara dari Fraksi Gerindra Haris Somantri itu, interupsi mengemuka setelah pimpinan rapat paripurna tidak menyebutkan usulan nama calon pimpinan DPRD definitif dari Partai Gerindra, sedangkan tiga nama calon dari partai lainnya seperti dari PKB yakni Ami Fahmi, PPP Cecep Nurul Yakin dan Golkar Erry Purwanto dimunculkan.

AYO BACA : Satpam Cantik Penjaga Gedung DPRD Ingin Jadi Entertainer

Interupsi datang dari Anggota Fraksi PPP, Asop Sofiudin. Ia mengutarakan dalam menyampaikan usulan nama-nama calon pimpinan DPRD definitif tidak bisa parsial.

\"Kan usulan nama-nama calon pimpinan definitif itu harus disampaikan ke Provinsi. Jika belum siap dengan usulan dari salah satu partai ya kenapa harus dipaksakan masuk dalam agenda rapat paripurna hari ini,\" kata Asop.

Sekalipun terang Asop, penyampaian usulan nama calon ketua DPRD definitif itu bisa dibawa ke agenda rapat paripurna, tetapi dengan cara seperti ini menujukan bahwa DPRD secara kelembagaan tidak mampu melaksankan percepatan-percepatan untuk menggarap agenda berikutnya. Di samping itu juga bakal menimbulkan kesan Gerindra diistimewakan atau eklusif.

AYO BACA : Pembahasan KUA-PPAS Kabupaten Tasikmalaya Dinilai Janggal

Hal senada diutarakan Anggota Fraksi PKB, Hakim Zaman. Dia menyebutkan, rapat paripurna ini tidak bisa memaksakan untuk mengesahkan usulan nama-nama calon pimpinan definitif yang tidak lengkap.

\"Agenda pekerjaan kita untuk rakyat sangat banyak ke depan. Jangan hanya gara-gara urusan internal Gerindra, menghambat agenda DPRD secara kelembagaan. Saya meminta agenda pengesahan usulan nama-nama calon pimpinan DPRD definitif ditunda,\" kata Hakim.

Menanggapi interupsi itu, Wakil Ketua DPRD sementara Ami Fahmi mengakui belum bisa menyampaikan nama calon pimpinan DPRD definitif yang diusulkan Gerindra. Hal itu karena ada persoalan internal Partai Gerindra yang tidak bisa dikemukakan di dalam rapat paripurna.

\"Kita agendakan pengusulan nama-nama calon pimpinan DPRD definitif pada rapat paripurna berikutnya, mudah-mudahan pekan ini sudah bisa diagendakan,\" pungkas Ami.

AYO BACA : Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Sayangkan Kekurangan RKB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar