Yamaha Mio S

Pemdes Kabupaten Tasik Pastikan Panitia Pilkades Netral

  Rabu, 11 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Kabag Pemerintah Desa pada Setda Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin. (Irpan Wahab/ayotasik)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Dari 211 Desa di Kabupaten Tasikmalaya yang akan menggelar Pilkades serentak pada 24 Oktober 2019 nanti, sedikitnya ada 58 Desa yang memiliki lebih dari 5 bakal calon kepala desa. Untuk itu, panitia pilkades harus melakukan tes untuk menjaring bakal calon kelala desa menjadi lima orang.

Tes penjaringan itu meliputi tes tulis serta psikotes. Hal ini untuk menjaring bakal calon menjadi lima orang, sesuai dengam aturan Pilkades serentak yang ada.

"Jadi ada 58 Desa yang akan menggelar tes penjaringan, karena memang jumlah bakal calonnya lebih dari lima orang, " papar Kabag Pemerintah Desa pada Setda Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin kepada Ayotasik.com, Rabu (11/9/2019).

AYO BACA : PLN Sudah Berikan Kompensasi, Begini Cara Mengeceknya

Disinggung soal netralitas panitia pilkades tingkat desa saat penjaringan kepada bakal calon, Nuraedidin menegaskan, pihaknya akan mengintruksikan dan menekan kepada seluruh penitia Pilkades di 58 desa untuk tidak berpihak kepada salah satu bakal calon.

"Kami akan undang ke 58 panitia pilkades itu, tentu kami tidak ingin mereka tidak netral. Kami akan intruksikan dengan tegas, " tegas Nuraedidin.

Ia menambahkan, meskipun diakui tensi persaingan Pilkades lebih tinggi daripada Pilbup, Pileg maupun Pilpres, namun pihaknya optimis pilkades serentak akan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini sudah dikordinasikan dengan pihak keamanan baik kepolisian maupun TNI.

"Memang, kalau Pilkades tensinya beda karena lingkupnya kecil, tapi kami sudah berkordjnasi dengan Kepolisian dan TNI untuk langkah antisipasi, " pungkas Nuraedidin.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar