Yamaha

Cikalong, Wilayah Tasik dengan Kerusakan Sawah Terbesar Akibat Kemarau

  Kamis, 12 September 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Ilustrasi kemarau -- Warga melintas di atas tanah empang yang mengering di Kecamatan Mangara Bombang, Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Berdasarkan data Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cikalong merupakan wilayah yang area persawahannya paling banyak mengalami kerusakan akibat musim kemarau dibanding wilayah lainnya.

Di Kecamatan Cikalong, terdapat 453 hektare area persawahan yang mengalami kerusakan. Jumlah itu terdiri dari rusak ringan mencapai 130 hektare, rusak sedang 192 hektare, rusak berat 107 haktare, dan puso 24 haktare.

Selain Cikalong, Kecamatan Cineam juga termasuk paling banyak yang mengalami kerusakan pada area persawahannya. Tak tanggung-tanggung, seluas 285 hektare sawah di Kecamatan Cineam termasuk Puso.

Sementara Kecamatan Cisayong menempati posisi ketiga paling banyak mengalami kerusakan area persawahan. Dari data yang diterima, terdapat 207 hektare sawah di wilayah ini mengalami kerusakan. Terdiri dari rusak sedang 49 hektare, rusak berat 119 hektare, dan puso mencapai 40 hektare.

Area persawahan yang mengalami kerusakan tersebar di 37 kecamatan dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan untuk total keseluruhan area persawahan yang mengalami kerusakan pada 37 kecamatan tersebut mencapai 1.012 hektare.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar