Yamaha Mio S

Medsos Tasik Ramai Kabar Laporan LHP BKP Soal Hibah

  Selasa, 17 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor Bupati Tasikmalaya. (Hengky Sulaksono/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Jagad maya Media Sosial (medsos) di Tasikmalaya diramaikan dengan adanya postingan salah satu nitizen bernama Nandang Suherman terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2018.

Dalam LHP itu, tercantum ada tiga lembaga yang mendapatkan bantuan hibah berturut-turut selama tiga tahun.

Ketiga lembaga itu di antaranya Persitas, Soekapoera Institute, dan Gibas. Ketiga organisasi itu mendapatkan hibah dari Pemkab Tasikmalaya mulai tahun 2016 hingga 2018. Dalam LHP tertulis, ketiga lembaga tersebut bukan lembaga yang dapat diberikan hibah setiap tahun.

Sontak, postingan itu mendapatkan tanggapan beragam dari pengguna media sosial. Unggahan yang diposting di Group facebook Forum Diskusi Terbuka Masyarakat Tasikmalaya itu mendapatkan lebih dari 130 like dan 170 komentar. Salah satu komentar diungkapkan Aip Syaripudin.

"Luar biasa..mungkin ketiganya punya kekuatan super hero buat tasik jadi dapat hibah," tulis Aip.

Temuan LHP BKP ini pun diakui oleh Kepala Bappeda sekaligus mantan Inspektur Kabupaten Tasikmalaya Iwan Saputra. Iwan membenarkan adanya temuan BPK terkait pemberian hibah kepada tiga lembaga tersebut.

Namun Iwan menuturkan, dalam LHP itu, BPK tidak ada rekomendasi untuk mengembalikan dana yang sudah diserap, karena bukan termasuk pelanggaran kepatuhan. Namun lebih kepada mendorong pemkab melakukan upaya pengendalian yang lebih ketat.

"Rekomendasinya justru kita dituntut untuk menguatkan Sistem pengendalian penyaluran hibah bantuan, " pungkas Iwan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar