Yamaha

DPRD Usulkan Opsi Tutupi Minimnya Anggaran Pilkada Tasik

  Kamis, 19 September 2019   Irpan Wahab Muslim
Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ami Fahmi. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ami Fahmi mengatakan, pihaknya telah membahas rencana Pilkada 2020 yang tahapannya dimulai 1 Oktober mendatang dengan melangsungkan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Dalam rapat yang dihadiri pimpinan sementara DPRD, pimpinan fraksi DPRD, dan KPU Kabupaten Tasikmalaya tersebut, Senin (16/9/2019), KPU melontarkan persoalan tentang minimnya anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk penyelenggaraan Pilkada di Tasikmalaya.

KPU menyebutkan angka Rp57,5 miliar merupakan angka minimalis, dan jauh dari usulan awal sebesar Rp85 miliar. Sedangkan pemerintah hanya menganggarkan Rp50 miliar di APBD Murni 2020.

"Kita sodorkan beberapa opsi kepada KPU. Pertama adalah berkoordinasi sengan pihak eksekutif atau TAPD sehingga setelah evaluasi gubernur turun, dimungkinkan adanya pergeseran slot anggaran dari eksekutif untuk memenuhi sisa kebutuhan Pilkada Rp7,5 miliar," kata Ami, Kamis (19/9/2019).

Opsi kedua adalah anggaran sisa  Rp7,5 mliar itu dianggarkan pada  perubahan APBD 2020. Namun dengan catatan rancangan perubahannya harus dipercepat minimal di bulan Juni atau Juli agar anggaran segera terserap sebelum tahapan KPU selesai.

Ami menambahkan, untuk penyelenggaraaan Pilkada 2020, perintah melalui APBD murni 2020, mengucurkan anggaran sebesar Rp80 miliar dengan rincian Rp50 miliar untuk KPU, Rp20 miliar untuk Bawaslu, dan Rp10 miliar untuk pengamanan.

Opsi ketiga yang disodorkan yakni KPU melakukan rasionalisasi sehingga kebutuhan biaya pilkada sesuai dengan angka yang telah diberikan oleh pemerintah.

"Kami juga ingin, penyelenggaraan pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan sukses. Tahapan berjalan dengan baik, jadi kami sodorkan opsi tadi, tinggal sekarang KPU melangkah," pungkas Ami.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar