Yamaha Aerox

Jumlah Penerangan Jalan di Tasik Jauh dari Ideal

  Senin, 14 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Jajang Sukendar. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Jajang Sukendar mengakui bahwa ruas jalan Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki panjang 1.303,32 kilometer ini masih minim dengan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Namun demikian, Dinas Perhubungan terus melakukan upaya untuk menyukseskan program 'Tasik Caang' yang diinginkan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, yakni dengan melakukan pemasangan di tiga titik tiap desa.

“Tahun ini kita siapkan 1.156 PJU, sampai saat ini baru 75% PJU yang terpasang. Target kita akhir tahun ini sudah selesai,“ papar Jajang yang ditemui di kantornya, Senin (14/1/2019).

Jumlah itu, kata Jajang, dipasang di beberapa desa yang melakukan pengajuan kepada Pemkab Tasikmalaya. Pihaknya hanya memfasilitasi terkait pemasangan, sedangkan pengajuan tergantung kepada masyarakat.

Selain berdasarkan pengajuan dari masyarakat, pemasangan PJU itu juga dititik beratkan pada daerah yang rawan kecalakaan, rawan kriminalitas, dan tempat keramaian.

“Tapi untuk tahun depan, kita tidak mengacu pada pengajuan masyarakat, tapi kita survei ke lapangan, titik mana yang harus dipasang PJU. Itu berpedoman pada Peraturan Menteri nomor 27 tahun 2018 tentang alat penerangan jalan,“ tambah Jajang.

Sesuai dengan peraturan itu juga, lanjut Jajang, pemasangan PJU di jalan Kabupaten Tasikmalaya idealnya berjarak antara 50 hingga 100 meter per titik PJU. Namun karena keterbatasan anggaran, pemkab hanya bisa sementara memasang tiga titik di tiap Desa.

“Berbicara ideal itu tiap 50 sampai 100 meter ada PJU. Tapi kita terbatas anggarannya. Kedepan kita akan lakukan pendataan kerja sama dengan PLN untuk mengetahui jelas berapa jumlah PJU yang ada, terus nantinya bisa terlihat jumlah yang masih kurang berapa dibandingkan dengan proporsi ideal tadi,“ pungkas Jajang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar