Yamaha Aerox

Permudah Pelayanan Kependudukan dengan GO DOK

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya menelurkan program baru yakni Go Dokumen Kependudukan (GO DOK).

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Memudahkan pelayanan kependudukan bagi masyarakat Kota Tasikmalaya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya, menelurkan program baru yakni Go Dokumen Kependudukan (GO DOK).

Kadis Disdukcapil Kota Tasikmalaya Imih M. Munir mengatakan, program GO DOK ini akan digulirkan pada tanggal 24 Oktober 2019.

"Go Dokumen Kependudukan ini artinya kami akan memanjakan masyarakat yang sibuk dengan pekerjaannya atau tidak bisa keluar rumah, bisa menghubungi nomor petugas disdukcapil yang sudah disediakan," ujar Imih, Sabtu (19/10/2019).

Imih menambahkan, GO DOK Bisa membantu meringankan dalam hal mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan oleh setiap masyarakat.

Nantinya, petugas akan memproses kebutuhan warga yang bersangkutan. Baik itu pembuatan akta kelahiran, e-ktp, KIA, serta dokumen kependudukan lainnya yang diperlukan.

"Manakala sudah menjadi dokumen, nantinya dokumen ini akan dikirimkan ke rumah yang bersangkutan dan semuanya itu tidak dipungut biaya alias gratis," tambah Imih.

Untuk pembuatan dokumen pencetakannya dilakukan di kecamatan terdekat. Nanti petugas menjemput di kecamatan itu setelah dokumennya jadi, lalu diserahkan ke yang bersangkutan. Mudah-mudahan sesuai rencana dan mendapat dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, untuk petugas GO DOK itu dari Disdukcapil yang sudah paham tentang kependudukan. Namun untuk saat ini baru tersedia dua orang, namun tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan.

"Jadi petugas akan kita siapkan sekitar 10 orang, per Kecamatan satu petugas. Mereka dilengkapai roda dua untuk menjelajah ke seluruh pelosok kecamatan yang ada di kecamatan masing-masing," papar Imih.

Imih menjelaskan, Program GO DOK sudah uji coba dari hari kemarin, dan sudah mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Sambil berjalan waktu, pelayanan ini terus dilengkapi dan disempurnakan.

Ia berharap nanti pada saat hari H, yang rencananya akan dihadiri Pa Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan langsung mengirimkan dokumen yang telah dibuatkan ke alamat si pemohon yang sebelumnya telah mengirimkan pembuatan dokumen kependudukan tersebut.

"GO DOK ini sebagai bagian dari manajemen, bahwa senantiasa pelayanan tidak ada yang sempurna. Hari ini dianggap sempurna, mungkin besok ada yang kurang. Makanya perbaikan dan perbaikan terus-menerus dilakukan," ucap Imih.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar