Yamaha Aerox

KPU Kabupaten Tasik Terus “Kejar” Pemilih Pemula

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
KPU Kabupaten Tasik terus kejar pemilih pemula.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Meski gelaran Pilkada 2020 Kabupaten Tasikmalaya masih lama, KPU Kabupaten Tasikmalaya terus melakukan langkah-langkah untuk menarik minat pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi tersebut. Salah satu segmen yang dibidik KPU yakni pemilih pemula.

Bertempat di rumah pintar KPU, sejumlah siswa tingkat SMA diundang untuk mengikuti berbagai materi tentang kepemiluan. Diharapkan, dengan pemberian pemahanan tentang kepemiluan, pemilih pemula tidak apatis terhadap gelaran pemil.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin menuturkan, pemberian pemahanan tentang kepemiluan itu sangat penting dberikan kepada pemilih pemula. Agar mereka tidak ragu dan yakin menyalurkan hak pilihnya pada gelaran pesta demorkasi lima tahunan tersebut.

“Kami sasar pemilih pemula karena masih minim pemahaman tentang kepemiluan, dengan begitu kami harap partisipasinya meningkat saat pemilu nanti,“ papar Zamzam, Sabtu (19/10/2019).

Zamzam menambahkan, peran pemilih pemula sangat penting dalam partisipasi pemilu. Karena jumlah mereka cukup banyak. Dengan kesadaran dan keinginan menyalurkan hak pilihnya pada pemilu, tingkat partisipasi msayrakat dalam pemilu 2020 mendatang bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

Pada Pilkada tahun 2015 lalu, lanjut Zamzam, jumlah paritipasi pemilih barada diangka 62 persen, angka ini terus meningkat pada Pilgub Jawa Barat tahun 2018 dengan 68 persen dan terakhir pada Pilpres 2019 menjadi 71 persen.

“Kami targetkan untuk Pilkada tahun depan partisipasi pemilih kita berada diangka 75 persen. Meskipun anggaran sangat minimalis tapi kita berupaya memberikan pemahamanan kepemiluan dari saat ini terutama kepada pemilih pemula,“ pungkas Zamzam.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar