Yamaha Aerox

Diguyur Gerimis, Tanah di Kecamatan Salawu Bergerak

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Bencana pergerakan tanah terjadj di Kampung Malompong, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Pergeseran tanah itu terjadi paska wilayah itu dilanda gerimis pada Jumat (18/10/2019) malam.

SALAWU, AYOTASIK. COM - Bencana pergerakan tanah terjadj di Kampung Malompong, Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Pergeseran tanah itu terjadi paska wilayah itu dilanda gerimis pada Jumat (18/10/2019) malam.

Pergeseran tanah itu menyebabkkan munculnya retakan tanah di jalan Desa serta saluran irigasi. Meski belum merambah pemukiman, namun warga sudah diliputi kekhawatiran.

Diameter retakan di jalan desa terlihat antara 5 hingga 10 centimeter. Sementara retakan di saluran irigasi cukup besar antara 15 hingga 40 centimeter. Belum diketahui pasti panjang retakan di saluran irigasi, namun pasokan air untuk memgaliri hektaran lahan sawah terputus. Air masuk kedalam tanah hingga rawan sebabkan tanah longsor.

"Kami relawan BPBD cek ke lokasi benar ada pergerakan tanah, tapi masih diseputar jalan sama saluran irigasi sawah warga" ujar udan, relawan BPBD Desa Karangmukti, Sabtu (19/10/2019).

Penyebab retakan diperkirakan akibat, tanah dalam kondisi labil karena tertimpa air hujan. Sebelumnya tanah dalam kondisi kering karena musim kemarau.

"Hujan deras memang semalam pak, tanah kering asalnya terimpa hujan jadi retak" tambah udan.

Warga sekitar mengaku khawatir retakan menjaungkau pemukiman. Apalagi, diperkirakan musim hujan akan segera tiba.

"Semoga tidak sampai kepemukiman retakanya, lumayan ketakutan jadi longsor" ucap Edah, warga sekitar. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar