Yamaha Aerox

Warga Cilembang Sulap Gang Sempit Jadi Lahan Hijau

  Jumat, 25 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Lingkungan warga RW 03, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, yang disulap penampilannya menjadi asri dan tertata (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Kesadaran masyarakat Tasikmalaya terhadap lingkungan tampaknya terus tumbuh. Hal itu seperti tercermin dari gebrakan Warga RW 03, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, yang menyulap gang sempit menjadi lahan hijau.

Gang tersebut ditanami dengan berbagai jenis sayuran dan juga hiasan mural warna-warni. Salah satu penggerak sekaligus motivator warga, Hendi Sukma Rukmana mengatakan, perubahan kondisi gang itu untuk penghijauan lingkungan. Penghijauan itu salah satunya dengan menanam sayuran di halaman rumah warga sepanjang gang.

"Kita memanfaatkan sampah bekas seperti plastik bekas minyak goreng untuk dijadikan pot sayuran. Beberapa jenis sayuran yang ditanam diantaranya bawang daun, saledri, cabai, pakcoi, tomat, dan sayuran lainnya," katanya, Jumat (25/10/2019).

Hendi menambahkan, penghijauan ini sudah berjalan kurang lebih satu bulan. Semua ini dilatar belakangi oleh adanya SK Kumuh dari Pemerintah Kota Tasikmalaya terhadap wilayah ini.

"Dari sanalah warga mulai punya keinginan untuk berbenah kampung halaman mereka dengan memberikan sentuhan seni agar terlihat lebih menarik," tambah Hendi.

Ketika memasuki gang ini, ada pemandangan yang tak biasa. Hampir seluruh dinding gang, dipenuhi berbagai corak warna. Begitupun dengan dinding rumah. Sebagian rumah disana sengaja diberikan sentuhan mural agar lebih berwarna.

"Warga bersama karang taruna bekerja sama dalam membuat ini semua. Rasa gotong-royong mereka masih senantiasa tercipta. Semua seni mural dan hiasan-hiasan lampu yang menggantung di sepanjang gang itu dibuat oleh warga bersama karang taruna," katanya.

Sejak saat itu, kata dia, warga bersama karang taruna mulai bahu-membahu gotong royong untuk mempercantik lingkungan. Dari mulai mencari cat, sampai mengumpulkan barang bekas untuk dijadikan sebuah hiasan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar