Yamaha Aerox

Sumpah Pemuda, Aktivis Lingkungan: Jangan Malu Ngurus Sampah

  Senin, 28 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi pemuda membersihkan sampah. (istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Sumpah Pemuda yang selalu di peringati setiap tanggal 28 Oktober selalu dijadikan memon oleh Irman Hirdasah untuk terus berkarya nyata di masyarakat. Irman Hirdasah yang berprofesi sebagai pengamen jalanan ini merupakan salah satu pemuda yang sukses mengisi pembangunan dalam pengelolaan sampah.

Bagi pria yang akrab disapa Abah Irdas ini, Hari Sumpah Pemuda tidak mesti diperingati secara seremonial sebagai peringatan tiap tahun, namun yang terpenting adalah bagaimana Pemuda bisa berkiprah secara nyata di masyarakat, membantu masyarakat dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

AYO BACA : Kreativitas Warga Tasik, Olah Sampah Jadi Pupuk Organik Cair

"Sumpah pemuda yang diperingati tiap tahun jangan hanya sebuah peringatan rutin, tapi lebih bagaimana pemuda bekerja nyata di masyarakat," kata Irman Hirdasah, Senin (28/10/2019).

Ditambahkan Irman, pengalamannya yang berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan dan perekonomian masyarakat di kampungnya Kampung Kalawagar Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupate Tasikmalaya mendorong pembentukan bank sampah.

AYO BACA : Peduli Lingkungan, Warga Buat Tempat Sampah Bambu

"Awalnya saya lihat banyak sampah di lingkungan kampung saya, akhirnya saya terpikir membuat bank sampah. Dengan bantuan teman-teman alhamdulilah semua bsa berjalan dalam dua bulan. Sekarang perekonomian warga juga terangkat," tambah Irman.

Irman mengajak kepada semua pemuda yang ada di Kabupaten Tasikmalaya untuk ikut membangun bangsa dan Negara dengan kemampuan yang dimiliki. Pemuda jangan malu untuk berbuat hal kecil di tengah masyarakat.

“Jangan malu ngurus sampah, karena lingkungan saat ini sudah rusak dipenuhi sampah. Pemuda hayu kira berkarya,” ucapnya.

AYO BACA : Pungut Sampah Bersama, Masyarakat Ingin Tasik Kembali Resik

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar