Yamaha Aerox

Pemkab Inginkan Ada Ikon Unggulan Tiap Desa

  Jumat, 01 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya Maman Suryaman menginginkan, setiap Desa mempunyai produk unggulan yang bisa dibanggakan. Seperti komoditas kopi dari Desa Parentas. Produk unggulan itu, tentunya disesuaikan dengan potensi yang ada di desa masing-masing.

Selain komoditas makanan atau hasil bumi berupa kopi atau beras organik, sektor wisata juga bisa dijadikan ikon Desa. Seperti keindahan alam, curug, dan lainnya.

AYO BACA : Dana Desa Tahun Ini Naik 65 Persen

Maman menambahkan, ikon atau komoditas unggulan itu, bisa dimasukan dalam program pemberdayaan masyarakat dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Artinya, Bumdes dituntut untuk jeli dalam melihat potensi daerah.

"Misal tadi Kopi Parentas, itu langsung dikelola oleh Bumdes. Anggaran untuk para petani juga ada, pemberdayaan masyarakat yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat juga tercapai," kata Maman kepada Ayotasik.com, Jumat (1/11/2019).

AYO BACA : Desa Cisayong Berani Alokasikan Dana Desa Bangun Stadion Sakti Lodaya

Terlebih pada tahun 2020 mendatang, kata Maman, porsi pemberdayaan masyarakat lebih dominan dibandingkan pembangunan infrastruktur yang diambil dari Dana Desa (DD). Pemberdayaan masyaraat itu nantinya akan menopang perekonomian masyarakat ditingkat desa.

"Jadi lebih kepada mengoptimalkan kinerja Bumdes, jangan hanya asal dibentuk tapi dituntut untuk berinovasi," ungkapnya.

Maman optimis, disaat Bumdes sebagai wadah penggerak ekonomi ditingkat desa dengan menyuguhkan produk unggulan, ekonomi masyarakat desa akan meningkat.

"Ujungnya, masyarakat akan lebih maju, desa akan lebih maju. Itu yang saya harapkan kedepan kepada pemerintahan desa," katanya.

AYO BACA : Anggaran Tidak Kunjung Cair, Operasional Desa Morat Marit

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar