Yamaha Aerox

Masyarakat Tasik Namai Komplek Perkantoran Pemkab dengan Sebutan Gebu

  Sabtu, 02 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Masyarakat Tasik namai komplek perkantoran Pemkab dengan sebutan Gebu. (Ayobandung.com/Irpan Wahab)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Masyarakat Tasikmalaya mempunyai sebutan unik untuk komplek perkantoran Pemkab Tasikmalaya yang berada di jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna. Masyarakat menamainya dengan sebutan Gebu atau penyederhanaan dari Gedung Bupati.

Pipin Nugraha (35) warga Bojongkoneng Singaparna menuturkan, ia tidak tahu persis siapa yang menamai kompek perkantoran itu dengan sebutan Gebu. Penamaan Gebu itu seiring dengan perpindahan perkantoran dari wilayah Kota Tasikmalaya ke wilayah Bojongkoneng Kecamatan Singaparna pada 2010.

“Dari situ, banyak warga yang menyebut nama Gebu. Saya sendiri tidak tahu asalnya kenapa disebut gebu, tapi kemungkinan singkatan dari Gabung Bupati, “ papar Pipin.

Pipin menambahkan, sejak perpindahan perkantoran itu, banyak warga yang menyebut dengan nama Gebu. Bahkan penyebutan nama itu mengalahkan wilayah administrasinya yang masuk wilayah kampung Tenjoantanan.

“Nama kampungnya itu kalah terkenal, malah yang terkenal itu sebutan gebunya,” tambah Pipin.

Puji Handoko (30), warga Kecamatan Singaparna lainnya, menyebut, kerap penyelenggara kegiatan yang kebetulan digelar di komplek perkantoran menyebutkan Gebu sebagai lokasi penyelenggaraan. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan masyarakat menemukan lokasi kegiatan.

 “Ada pernah suatu kegiatan bakti sosial, panitianya itu menuliskan lokasi kegiatannya itu di Gebu. Mungkin untuk lebih memudahkan warga mengetahui,” tutur Puji.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar