Yamaha Aerox

Longsor Akibatkan Jalan Penghubung Dua Kampung di Tasik Terputus

  Senin, 04 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Saluran air Cilutung tertutupi material longsor dari tebing yang ambrol pada Minggu (3/11/2019) sekitar pukul 02.00 WIB. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Petugas Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, TNI, Polri, dan dibantu masyarakat, membersihkan material longsor yang menutupi saluran air Cilutung di Desa Cikunten, Kecamatan Singaparna, Senin (4/11/2019).

Saluran air Cilutung itu tertutupi material longsor dari tebing yang ambrol pada Minggu (3/11/2019) sekitar pukul 02.00 WIB.

Bukan hanya menutupi saluran air, longsornya tebing itu juga memutus akses penghubung dua kampung yakni Gedugan Lamping dan Gedugan Lembur. Akibatnya, aktivitas masyarakat terutama anak sekolah dan roda perekonomian terganggu.

“Ada jalur lain, melewati kampung lain cuma jaraknya lumayan cukup jauh, ini yang longsor itu jalur terdekat,“ papar Mamad (40) warga sekitar.

Selain itu, puluhan hektare sawah terancam tidak akan terairi karena aliran air Cikunten tertutupi material longsor. Mamad menambahkan, longsoran terjadi karena kondisi tanah labil akibat diguyur hujan selama dua hari yakni sabtu dan minggu.  

“Kemarin juga sudah retak-retak waktu kemarau, hujan dua hari langsung longsor,“paparnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar