Yamaha Aerox

Pelaku Curanmor Hanya Butuh 15 Detik untuk Gasak Satu Motor

  Selasa, 05 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Polres Tasikmalaya amankan dua pelaku curanmor beserta barang bukti.

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Seorang pelaku curanmor di kawasan Tasikmalaya, Kujang, mengaku hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk mencuri sebuah sepeda motor.

Kujang yang merupakan warga Cipondoh Desa dan Kecamatan Cikalong mengatakan, sasarannya adalah kendaraan roda dua yang ditinggal pemilik baik di depan rumah atau yang terparkir di berbagai tempat.

Berbekal kunci leter T, ia menggasak dua kendaraan roda dua di wilayah Tasikmalaya dan Cimahi. Pelaku, merupakan pemain lama yang sering melalukan aksinya di wilayah Tasikmalaya.

"Modusnya itu dengan merusak lubang kunci menggunakan kunci leter T. Mereka jual ke beberapa orang yang masih kita kejar. Motor curian dijual  seharga 2 juta per unit," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra di hadapan wartawan, Selasa (5/11/2019).

Bukan hanya memiliki keahlian dalam mencuri kendaraan, kata Dony, pelaku yang berprofesi sebagai buruh ini juga membuat dan menjual kunci leter T kepada masyarakat. Hasilnya, satu pembeli leter T yang juga terjun ke dalam aksi pencurian bernama Agus warga Ciburial Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong.

"Dari penyidikan kita, si Kujang ini menjual juga kunci leter T ke Agus. Nah Agus ini melakukan pencurian juga lima wilayah Tasik dan Garut. Tapi kita baru menemukan barang bukti dua motor," papar Dony.

Dony mengimbau masyarakat harus waspada dan disarankan untuk menggunakan kunci ganda.

"Jadi dalam menyimpan motor harus hati-hati, kalau bisa pakai kunci ganda. Kalau kita waspada insyaaAlloh kendaraan kita akan aman, " ucapnya.

Akibat perbutannya itu, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar