Yamaha Aerox

KPU Kabupaten Tasik Sosialisasikan Persyaratan Pencalonan

  Rabu, 06 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- KPU Kabupaten Tasikmalaya kini tengah disibukkan dengan sosialisasi hasil pleno yang menetapkan syarat minimun dukungan untuk calon bupati perseorangan pada Pilkada 2020.

Rapat pleno internal yang memustuskan itu sendiri, terselenggara Sabtu (26/10/2019) lalu. Sementara sosialisasi hasil pleno yang digiatkan KPU disampaikan kepada partai politik maupun kepada masyarakat luas.

“Saat ini kita sedang menjalani tahapan sosialisasi syarat pencalonan. Kita kemarin menginformasikan ke beberapa partai politik yang ada di Tasikmalaya,“ kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin, Rabu (6/11/2019).

Adapun syarat pencalonan itu, kata Zamzam, minimum dukungan calon perseorangan mesti mengantongi sebanyak 88.820 ribu dukungan atau 6,5% dari DPT terakhir Pilkada Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 1.366.465 pemilih.

Syarat minimum dukungan itu, dibuat dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan fotocopy KTP Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas terkait yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administratif yang sedang menyelenggarakan pemilihan paling singkat satu tahun.

Sedangkan untuk pencalonan dari partai politik, syarat pencalonan bupati dari partai politik, yakni 20% dari jumlah kursi DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 50 kursi.

“Selain sosialisasi syarat pencalonan, kami juga melakukan sosialisasi tentang kepemiluan kepada elemen masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas lainnya,” pungkas Zamzam.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar