Yamaha Aerox

Pemkab Tasik Terima Kritikan Kades Soal Pencairan Dana Desa

  Kamis, 07 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Sejumlah kepala desa (kades) di Kabupaten Tasikmalaya ramai-ramai mengembalikan kendaraan operasional kepada Pemkab Tasikmalaya. Mereka memarkir kendaraan secara rapi di depan kantor Setda Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (7/11/2019). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Iin Aminudin menuturkan, pihaknya menghormati langkah yang diambil oleh kepala desa yang mengembalikan kendaraan operasional kepada pemerintah.

AYO BACA : Kecewa Dana Desa, Pemdes Tasik Kembalikan Mobil Operasional

Iin menganggap langkah itu sebagai bagian kritikan yang membangun. Menurutnya, apapun aspirasi pemerintahan desa terkait terlambatnya pencairan dana desa dan alokasi dana desa menjadi catatan penting bagi pemerintah agar kedepan pencairan dana-dana itu tidak terhambat dan lebih baik lagi.

AYO BACA : Inspektorat Tasik Optimasi Pencegahan Pelanggaran Proses Pembangunan di Desa

“Ini jadi catatan kami, supaya kami kedepan lebih baik lagi dalam melakukan atau mengambil sebuah kebijakan,“ kata Iin, Kamis (7/11/2019).

Terkait aspirasi pendampingan hukum terhadap Kades Cipakat yang terjerat kasus korupsi, Iin menambahkan pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Pihaknya menghormati dan menghargai proses hukum.

Namun, kata Iin, untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, pemerintah sudah berupaya melakukan upaya pencegahan dengan pemberian pemahaman kepada pemerintah desa tentang pengelolaan keuangan dan administrasi.

“Kalau soal itu, kami pemerintah menghargai proses hukum yang sedang berjalan. Tetapi tentu, kami juga sudah dan akan melakukan upaya pencegahan lain seperti yang sudah dilakukan oleh inspektorat seperti membuka warung konsultasi, “ pungkasnya.

AYO BACA : KPU Kabupaten Tasik Sosialisasikan Persyaratan Pencalonan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar