Yamaha Aerox

Makna Pahlawan Kekinian

  Sabtu, 09 November 2019   Irpan Wahab Muslim

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Bangsa Indonesia mempunyai cara sendiri menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan dari cengkraman para penjajah. Di antaranya dengan menetrapkan 10 November sebagai hari pahlawan. Pahlawan identik dengan perjuangan melawan penjajah, namun saat ini, pahlawan mempunyai banyak makna.

Alwi Fathoni (33) warga Kecamatan Singaparna menuturkan, kepahlawanan saat ini bermakna luas. Mereka yang memberikan manfaat kepada masyarakat luas dalam berbagai bidang, seperti kebersihan, bidang pemberdayaan dan lainnya.

“Seperti petugas kebersihan, itu merupakan pahlawan. Kalau tanpa mereka bisa dibayangkan jika tidak ada mereka, sampah akan menumpuk dibeberapa titik, “ kata Alwi, Sabtu (9/11/2019).

Terlebih saat ini, kondisi pertambahan penduduk menghasilkan banyak sampah. Selain petugas kebersihan, mereka yang aktif dalam kegiatan sosial bersih-bersih sampah merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

“Mereka, anak muda dan tua yang melakukan kebersihan di selokan, di tempat-tempat umum, bagi saya mereka itu adalah pahlawan, “ tambahnya.

Tanggapan lain datang dari Nur Sulaeman (30) warga Kecamatan Padakembang. Nur menuturkan, pahlawan bisa disematkan juga kepada pemimpin mulai dari tingkat desa hingga presiden yang betul-betul memperhatikan nasib masyarakat luas. Bukan mereka yang hanya mementingkan diri sendiri dan golongan.

“Kades misalnya, kalau bekerja secara benar-benar untuk masyarakat, perekonomian masyarakat jadi meningkat, lingkungan desa bersih itu juga termasuk pahlawan," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar