Yamaha Aerox

Dinkes Kabupaten Tasik Prioritas Turunkan Angka Stunting

  Kamis, 28 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (Antara/Maulana Surya)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Faisal Soeparyanto menuturkan, tahun 2020 mendatang pihaknya fokus menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh di 10 kecamatan karena angkanya masih di atas 30%.

Sedangkan 29 kecamatan lainnya, kata Faisal, ditargetkan angka stunting di bawah 20%. Upayanya yakni dengan melakukan perbaikan gizi, pemberian tablet tambah darah kepada para remaja juga melakukan pembinaan kepada para calon pengantin bekerja sama dengan Kemeterian Agama.

"Targetnya, kita akan terus berupaya menekan angka stunting. Terutama di 10 kecamatan tadi yang angkanya diatas 30%," papar Faisal melalui sambungan telepon, Kamis (28/11/2019).

Selain stunting, lanjut Faisal, pihaknya juga fokus menekan angka kematian ibu dan bayi meskipun tiap tahun angkanya terus mengalami penurunan.

"Tahun ini ada 19 ibu melahirkan yang meninggal, turun dari tahun 2018 yang mencapai 29 orang," paparnya.

Sementara untuk data bayi yang meninggal, tahun 2019 ini ada sekitar 153 bayi meninggal. Angka ini juga menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 260 bayi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar